Penyebab dan Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Senin, 20 November 2023 - 17:17 WIB
Mengatasi biang keringat pada bayi diperlukan pengetahuan yang mendalam. Foto/AladinMall
JAKARTA - Mengatasi biang keringat pada bayi diperlukan pengetahuan yang mendalam. Bunda harus tahu betul jenis dan tipe kulit bayi serta penyebab terjadinya biang keringat.

Biang keringat atau populer disebut keringat buntet adalah kondisi yang disebabkan oleh adanya penyumbatan pada saluran keringat. Gangguan kulit yang dalam bahasa medis disebut miliaria ini memicu timbulnya ruam bintil-bintil kecil kemerahan yang bisa menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman pada kulit.



Biang keringat lebih sering dialami oleh anak-anak. Paling sering terjadi ketika musim kemarau. Saat cuaca panas, tubuh akan memproduksi keringat sebagai respons untuk mendinginkan kulit.







Keringat tersebut seharusnya dikeluarkan melalui pori-pori, namun karena beberapa hal, pori-pori bisa mengalami penyumbatan sehingga keringat yang terperangkap memicu munculnya bintil-bintil kecil kemerahan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi biang keringat pada bayi tanpa menimbulkan efek samping?

Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Ada sejumlah cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi biang keringat pada si kecil. Salah satu yang paling umum dilakukan adalah menaburkan powder atau bedak bayiagar kulit si kecil kering dan tidak gatal.
Halaman :