Penyebab dan Cara Mencegah Infeksi Kulit, Jaga Kebersihan Pakaian hingga Vaksinasi

Senin, 08 Januari 2024 - 16:41 WIB
Cara mencegah infeksi kulit perlu diketahui sebelum semakin parah. Foto/ MNC Media.
JAKARTA - Sebelum semakin parah, ketahui cara mencegah infeksi kulit . Tak hanya menjaga kebersihan tubuh dan pakaian, bila perlu lakukan pertolongan medis dengan cara vaksinasi.

Infeksi kulit adalah gangguan pada kulit yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau parasit. Infeksi kulit bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Seseorang pengidap dapat mengalami gejala yang beragam, dalam intensitas ringan hingga berat. Selain itu, kulit yang terlihat buruk akibat infeksi juga dapat menurunkan rasa percaya diri.

Infeksi kulit disebabkan karena serangan virus seperti virus herpes, human papillomavirus, dan poxvirus, contohnya penyakit cacar air, herpes zoster, campak, dan kutil. Infeksi juga bisa terjadi karena tubuh terjangkit bakteri seperti bisul, impetigo, selulitis dan kusta.

Waspadai pula tumbuhnya jamur di kulit seperti kurap, ruam popok dan panu. Sementara parasit seperti skabies, kutu rambut, kutu kemaluan dan cutaneous larva migrans wajib dibasmi sebelum menginfeksi kulit lebih parah.

Untuk mencegah infeksi kulit, Anda dapat melakukan beberapa upaya berikut:



Cara Mencegah Infeksi Kulit

- Rutin mencuci tangan dengan sabun, cairan antiseptik dan air mengalir.

- Mandi dua kali sehari dan tidak memakai baju yang sama berulang kali tanpa dicuci.

- Jaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More