Pagi atau Sore? Ini Waktu yang Tepat untuk Bersepeda

Kamis, 18 Januari 2024 - 19:50 WIB
Salah satu olahraga santai yang paling populer adalah bersepeda. Foto/MNC Media
JAKARTA - Salah satu olahraga santai yang paling populer adalah bersepeda. Namun, Anda harus lebih dulu tahu waktu yang tepat untuk bersepeda dan jenis-jenis sepeda terbaik.

Berikut beberapa waktu bersepeda dan cara memilih unit yang tepat sesuai kebutuhan.

Waktu yang Tepat untuk Bersepeda

Berolahraga, termasuk bersepeda, akan lebih baik jika kita konsisten dalam melakukannya. Jika memutuskan untuk olahraga setiap pagi, usahakanlah agar setiap pagi kita melakukan kegiatan yang menyehatkan tersebut. Begitu pula bila memilih waktu sore, usahakan konsisten dan lakukan persiapan sebaik mungkin.

Bersepeda di pagi hari lebih cocok bagi orang yang ingin mengurangi berat badan. Untuk yang hendak bersepeda pagi, tidak harus sarapan sebelum bersepeda, kecuali jarak yang ditempuh lebih jauh dibandingkan biasanya.





Penelitian mengungkap bahwa orang yang bersepeda sebelum sarapan bisa membakar kalori sebanyak 20%. Mereka pun jadi tidak merasa terlalu lapar sepanjang hari dibandingkan dengan orang yang sarapan sebelum olahraga. Namun, bagi penderita diabetes atau memiliki kadar gula darah yang rendah, lebih baik sarapan dulu sebelum bersepeda.

Bersepeda di pagi hari juga memiliki manfaat yang lebih besar. Salah satunya adalah membuat tubuh menjadi lebih segar. Aliran darah dalam tubuh meningkat dan faktor ini bisa menyegarkan tubuh sebelum beraktivitas. Malahan, produktivitas saat bekerja pun meningkat karena bersepeda di pagi hari.

Sementara, praktisi kesehatan menyebut pesepeda yang berolahraga di sore hari mampu berkendara lebih cepat dibandingkan dengan pesepeda yang berolahraga di pagi hari. Di sore hari, pesepeda pun merasa lebih kuat dan mampu menyelesaikan olahraganya lebih cepat 6.5 detik dibandingkan mereka yang bersepeda di pagi hari. Waktu tersebut lebih cepat 7% dibandingkan dengan pesepeda yang berolahraga di pagi hari, tepatnya sebelum sarapan.

Bersepeda di sore hari bisa meningkatkan kecepatan sehingga mereka memiliki waktu olahraga yang lebih singkat. Pola makan yang teratur dan sehat juga bisa meningkatkan kemampuan pesepeda dalam olahraga ini. Alhasil, pesepeda di sore hari pun mampu menyelesaikan rute sepeda sejauh apapun dalam waktu yang lebih singkat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More