Apakah Luka Bakar Boleh Diberi Pasta Gigi?

Selasa, 30 Januari 2024 - 04:33 WIB
Apakah luka bakar boleh diberi pasta gigi? Ini menjadi pertanyaan banyak orang. Foto/ emedihealth.
JAKARTA - Apakah luka bakar boleh diberi pasta gigi? Ini menjadi pertanyaan banyak orang. Pasalnya, tidak sedikit yang menggunakan pasta gigi saat mengalami luka bakar demi mempercepat penyembuhan. Benarkah?

Dikutip healthline, pasta gigi mengandung bahan-bahan yang mendinginkan dan menyegarkan, seperti natrium fluorida, soda kue, dan mentol. Itu sebabnya banyak orang menganggapnya sebagai obat pertolongan pertama untuk mengatasi luka bakar tingkat pertama.



Pasta gigi memang dapat menghilangkan plak, melindungi email gigi dan mencegah penyakit gusi, tetapi pasta gigi bukanlah obat yang efektif untuk luka bakar.

Faktanya, semua yang kita ketahui tentang bahan aktif dalam pasta gigi menunjukkan bahwa mengoleskannya pada luka bakar akan menyegel panas di bawah lapisan kulit Anda, sehingga menyebabkan lebih banyak kerusakan dalam jangka panjang.



Mengapa tidak boleh mengoleskan pasta gigi pada luka bakar?

Setelah Anda memahami sedikit tentang luka bakar, akan menjadi lebih jelas mengapa pasta gigi bukanlah obat rumahan yang baik untuk menyembuhkannya.

Solusi lain yang harus dihindari

Pasta gigi pada luka bakar bukan satu-satunya pengobatan rumahan yang berpotensi membahayakan untuk luka bakar itu sendiri. Anda juga harus menjauhi pengobatan luka bakar populer lainnya, seperti mentega, minyak (seperti minyak kelapa dan minyak zaitun), putih telur dan es.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More