6 Jenis Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing, Apa Saja?

Jum'at, 23 Februari 2024 - 22:15 WIB
Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia karena tingkahnya yang lucu. Foto/iStock
JAKARTA - Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia karena tingkahnya yang lucu. Namun, bagi siapa pun yang memelihara binatang ini perlu waspada terhadap beberapa penyakit yang mengancamnya.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, penelitian menunjukkan bahwa kucing dapat memberikan dukungan emosional, meningkatkan suasana hati, dan berkontribusi terhadap moral pemiliknya secara keseluruhan. Tak heran jika hewan ini banyak disukai orang.

Namun, sama halnya dengan makhluk hidup lain, kucing juga rentan terhadap berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang umumnya rentan menyerang kucing.



Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing

1. Penyakit yang Disebabkan Virus

- Feline Panleukopenia (FPV): disebabkan oleh virus parvovirus, menyebabkan gejala seperti demam, muntah, diare, dan penurunan jumlah sel darah putih.



- Feline Herpesvirus (FHV): menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas pada kucing disertai dengan bersin, sekret hidung, dan konjungtivitis.

- Feline Calicivirus (FCV): merupakan penyebab umum flu pada kucing dengan gejala seperti bersin, demam, sakit tenggorokan, dan ulkus mulut.

2. Penyakit yang Disebabkan Bakteri

- Infeksi Saluran Kemih (ISK): bakteri seperti escherichia coli dapat menyebabkan infeksi saluran kemih pada kucing, yang ditandai dengan sering buang air kecil, nyeri saat buang air kecil, dan darah dalam urine.

- Chlamydia felis: bakteri ini dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas pada kucing, sering kali diidentifikasi oleh konjungtivitis dan sekresi hidung.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More