5 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi saat Berbuka Puasa

Sabtu, 09 Maret 2024 - 06:46 WIB
Terdapat sedikitnya lima makanan yang perlu dihindari penderita kolesterol tinggi saat berbuka puasa. Foto/iStock
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima makanan yang perlu dihindari penderita kolesterol tinggi saat berbuka puasa. Salah satunya makanan favorit sejuta umat, yaitu gorengan.

Tak lama lagi, umat Islam akan memasuki bulan Ramadan. Pada momen ini, umat Muslim bakal menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.

Bagi pengidap masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, mereka bisa melaksanakan kewajiban puasa sebagaimana orang lain. Namun, mereka tetap wajib memperhatikan pemilihan makanan ketika buka puasa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.







Lantas, apa saja makanan yang perlu dihindari penderita kolesterol tinggi ketika berbuka puasa? Berikut ini beberapa contohnya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (9/3/2024).

Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Kolesterol Tinggi ketika Buka Puasa

1. Gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan yang paling disukai masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena berharga murah, namun juga rasanya yang enak dan bikin ketagihan.

Meski ramah di kantong, gorengan tidak terlalu bagus bagi tubuh jika sering dikonsumsi, terlebih bagi pengidap kolesterol tinggi. Alasannya karena gorengan mengandung kalori dan lemak trans yang tinggi.

Sebagai informasi, jenis makanan yang digoreng dengan minyak pasti akan membuat kadar kolesterolnya naik. Lebih parah apabila proses pembuatannya memakai minyak jelantah yang sudah dipakai berulang kali.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More