Tips untuk Menyelenggarakan Acara MICE Ramah Lingkungan

Kamis, 14 Maret 2024 - 15:40 WIB
Menyelenggarakan acara MICE ramah lingkungan bukan hanya merupakan tanggung jawab sosial, melainkan juga mencerminkan komitmen untuk melestarikan lingkungan alam. Foto/MNC Media
JAKARTA - Industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) saat ini bisa dibilang semakin sadar akan pentingnya keberlanjutan atau sustainability dan dampak lingkungan dalam pelaksanaan acara. Menyelenggarakan acara MICE ramah lingkungan bukan hanya merupakan tanggung jawab sosial, melainkan juga mencerminkan komitmen untuk melestarikan lingkungan alam.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menyelenggarakan acara MICE dengan pendekatan yang ramah lingkungan.

1. Pemilihan Lokasi yang Berkelanjutan

Mulailah dengan memilih lokasi yang memiliki kebijakan keberlanjutan yang kuat. Pilih tempat yang memiliki sertifikasi lingkungan atau memiliki inisiatif hijau seperti daur ulang, efisiensi energi, dan penggunaan sumber daya yang bertanggung jawab.



2. Manajemen Limbah yang Efisien

Implementasikan sistem daur ulang yang jelas dan diberlakukan dengan ketat. Pastikan ada tempat sampah terpisah untuk kertas, plastik, dan logam. Hindari penggunaan produk sekali pakai sebisa mungkin.



3. Pilihan Menu Berbasis Lingkungan

Bekerja samalah dengan penyedia makanan dan minuman untuk memilih menu berbasis lingkungan seperti makanan organik, lokal, dan musiman. Hindari penggunaan kemasan sekali pakai dan galang dana untuk amal melalui sisa-sisa makanan.

4. Energi yang Efisien

Gunakan teknologi dan peralatan yang efisien energi. Matikan peralatan yang tidak digunakan selama acara, dan pertimbangkan untuk menggunakan sumber energi terbarukan jika memungkinkan.

5. Penggunaan Materi Promosi yang Berkelanjutan

Desain materi promosi dengan mempertimbangkan dampak lingkungan. Gunakan kertas daur ulang atau alternatif yang ramah lingkungan dan hindari cetakan berlebihan.

6. Inisiatif Penghijauan Transportasi

Sediakan opsi transportasi umum atau fasilitas untuk bersepeda bagi peserta. Bekerja sama dengan perusahaan transportasi berkelanjutan atau sediakan program bagi peserta yang menggunakan transportasi ramah lingkungan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More