Kasus DBD Meningkat, Ini 5 Asupan untuk Pasien Demam Berdarah

Rabu, 27 Maret 2024 - 03:30 WIB
Para pasien DBD pun perlu ditangani dengan tepat agar tidak mengalami komplikasi. Salah satu yang perlu diperhatikan ialah asupan dari makanan bergizi. Foto/iStock
JAKARTA - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) semakin meningkat. Di Indonesia sendiri, DBD mencapai 35.556 kasus hingga minggu ke-11 tahun 2024.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) belum lama ini mengungkapkan penyebab kasus DBD yang meningkat di Tanah Air. Salah satunya ialah curah hujan dan bencana banjir yang menyebabkan nyamuk mudah berkembang biak.

Para pasien DBD pun perlu ditangani dengan tepat agar tidak mengalami komplikasi. Salah satu yang perlu diperhatikan ialah asupan dari makanan bergizi.







Melansir laman Tua Saude, Rabu (27/3/2024), pengobatan demam berdarah harus melibatkan konsumsi makanan seperti daging merah tanpa lemak, daging putih, dan sayuran berdaun hijau. Makanan ini cenderung memiliki kandungan protein dan zat besi yang tinggi sehingga membantu mencegah anemia serta memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang keduanya merupakan faktor cepatnya pemulihan.

Untuk itu, ada beberapa jenis asupan yang patut dikonsumsi para pasien DBD untuk mempercepat pemulihan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Air Kelapa

Pertama ada air kelapa. Pasien DBD dianjurkan meminum air kelapa untuk mempercepat proses pemulihan mereka. Air kelapa kaya akan garam dan mineral. Dengan mengonsumsi air kelapa, Anda tidak akan mengalami dehidrasi karena menjaga keseimbangan elektrolit tubuh tetap stabil. Ini juga mengurangi kelemahan dan membuat tubuh Anda tetap terstimulasi.

2. Buah Delima

Pasien DBD dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan air dan vitamin. Salah satunya yang direkomendasikan ialah buah delima.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More