10 Makanan Khas Idul Fitri di Dunia

Jum'at, 05 April 2024 - 18:30 WIB
Ada banyak makanan khas Idul Fitri di berbagai negara di dunia. Foto/ ist
JAKARTA - Ketupat, opor, rendang, sambal ati, kue lapis hingga nastar menjadi makanan khas Lebaran di Indonesia. Namun, tidak saja Indonesia yang memiliki makanan khas Idul Fitri. Berbagai negara di dunia pun punya khas masing-masing.

Dikutip halifaxpubliclibraries, ada banyak banyak makanan khas Idul Fitri di dunia yang memiliki cita rasa menggoda. Berikut ulasannya.



Makanan Khas Idul Fitri di Dunia

1.Maamoul

Kue shortbread ini dimakan di negara-negara Levantine, seperti Suriah dan Lebanon. Ada berbagai variasi isian, biasanya kurma, pistachio atau kenari, dan sering kali ditaburi gula halus. Kleicha adalah kue yang sangat mirip yang dinikmati di Irak serta kahk di Mesir dan Sudan.





2. Cambaabur

Ini adalah roti Idul Fitri yang menjadi khas Somalia. Roti ini mirip dengan Injera (roti Ethiopia beragi putih yang terbuat dari tepung teff, mirip dengan crêpe) dalam tekstur, tetapi memiliki tambahan bumbu berbeda.

Saat Idul Fitri, biasanya disajikan manis dengan taburan gula dan di atasnya diberi yogurt untuk memberikan kontras yang tajam. Resep ini juga sangat populer di Djibouti dan mungkin berasal dari sana.

3. Khurma belaka

Secara harfiah diterjemahkan sebagai “susu dengan kurma,” sheer khurma juga dikenal sebagai semai di Bangladesh. Makanan penutup bihun manis ini menjadi favorit Idul Fitri di Pakistan, India, Bangladesh, dan Afghanistan. Itu disiapkan dengan bihun, susu, gula, kurma dan, tergantung negaranya, pistachio, almond, dan/atau kismis.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More