Sumber Informasi Terpercaya
home travel

Desa Wisata Burai, Kampung Warna-warni di Tengah Rawa dan Sungai

Sabtu, 17 November 2018 - 14:29 WIB
Desa Wisata Burai di Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumater Selatan yang warna-warni dan dikelilingi sungai serta rawa. / Foto: KoranSINDO/Berli Zulkanedy
OGAN ILIR - Kampung warna-warni Desa Burai di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan sekilas tidak berbeda dengan kampung atau desa lainnya. Terutama melihat jaraknya yang cukup jauh dari jalan utama (Jalinteng), dan juga tidak begitu dekat dengan pusat pemerintahan Ogan Ilir di Indralaya.

Tentu orang yang tidak tahu, ketika berkunjung atau perjalanan dinas ke Indralaya, bakal melewatkan Desa Burai begitu saja. Itu wajar saja, karena Desa Burai hanya sebuah desa terpencil yang hampir sebagian besar dikelilingi air rawa dan sungai dengan luas sekitar 11.000 hektar. "Ada 1.716 jiwa, sebelumnya desa terpencil dengan 90 persen warga berprofesi sebagai petani dan nelayan," ungkap Kepala Desa Burai, Feriyanto.



Sebelumnya, akses menuju desa ini cukup sulit, dan di puncak musim penghujan, Desa Burai dikelilingi air layaknya lautan. Dan sebelum 2015, masih banyak warga yang menggunakan sungai sebagai tempat MCK (mandi cuci dan kakus).

"Tetapi sekarang, 2.500 hingga mendekati tiga ribuan pengunjung yang sudah datang, terutama di liburan dan lebaran. Warga kami yang tadinya tidak pernah pulang, sekarang pulang, semua karena pemerintah pusat dan daerah serta bantuan dan bimbingan dari PT Pertamina EP Asset 2," ujar Feriyanto.
halaman ke-1 dari 3
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
desa wisata wisata
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya