Waspadai Kenaikan Berat Badan Pascalebaran, Picu Penyakit Degeneratif

Senin, 15 April 2024 - 10:41 WIB
Kenaikan berat badan pasca lebaran perlu diwaspadai. Kenaikan berat badan ini bisa disebabkan terlalu banyak mengonsumsi hidangan lebaran. Foto Ilustrasi/iStock
SURABAYA - Kenaikan berat badan pasca lebaran perlu diwaspadai. Kenaikan berat badan ini bisa disebabkan terlalu banyak mengonsumsi hidangan lebaran seperti kue kering dan minuman manis.

Dosen Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) Lailatul Muniroh SKM MKes mengatakan, kue kering dan minuman berwarna memiliki kandungan berupa gula. Hidangan dengan kandungan gula cenderung tinggi kalori.

“Karena kandungan gulanya tinggi, maka kalorinya juga tinggi namun tidak mengenyangkan, sehingga orang akan makan lagi dan lagi. Kalau konsumsinya berlebihan akan menyebabkan kenaikan berat badan,” katanya.







Kenaikan berat badan yang tidak terkontrol bakal menyebabkan terjadinya overweight, bahkan obesitas. Jika seseorang telah mengalami obesitas, maka risiko untuk mengalami masalah kesehatan semakin besar.

“Kalau sudah sampai tahap obesitas, akan menjadi faktor risiko masalah kesehatan berupa penyakit degeneratif. Misalnya diabetes, hipertensi, penyakit kardiovaskular, dan lain-lain,” ujarnya.

Lailatul menerangkan bahwa batas asupan gula yang aman bagi tubuh adalah 4 sampai 5 sendok makan per hari.

“Anjurannya itu 4 sampai 5 sendok makan per hari, atau sekitar 50 gram per hari,” terangnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More