Riset IPSOS: Shopee Raih Peringkat Pertama di Indikator Tingkat Kepuasan Pengguna E-Commerce

Senin, 24 Juni 2024 - 07:27 WIB
(Ilustrasi: dok Freepik/rawpixel.com)
JAKARTA - Pada awal 2024, tren pasar digital semakin berkembang mengikuti kebutuhan dan preferensi masyarakat. Oleh karena itu, IPSOS melakukan riset "Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce" dengan para responden yang selalu berbelanja online melalui berbagai e-commerce di Indonesia. Riset dilakukan untuk mengetahui aspek apa saja yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam pengalaman belanja secara keseluruhan.

Riset IPSOS dilakukan melalui metode Online Panel dan ditemukan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online. Indikator tingkat kepuasaan yang berbanding lurus dengan aspek rekomendasi, dipengaruhi oleh bagaimana pengalaman belanja online dari hulu ke hilir.

Keunggulan Shopee dalam tingkat kepuasan didukung oleh data, dimana Shopee (62 persen) menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia (46 persen), TikTok Shop (42 persen), dan Lazada (36 persen). Temuan ini mengukuhkan posisi Shopee sebagai e-commerce yang paling unggul dalam memberikan pengalaman belanja paling memuaskan bagi konsumen.



Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma mengatakan, hadirnya e-commerce di tengah masyarakat mendorong masyarakat untuk memilih belanja online sebagai alternatif.

“Sejak kehadiran platform e-commerce di tengah masyarakat, kecenderungan masyarakat untuk memilih belanja online sebagai alternatif utama dalam memenuhi kebutuhan terus berkembang. Seiring dengan meningkatnya popularitas belanja online, para platform e-commerce pun harus menyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlah inovasi guna menghadirkan pengalaman belanja online yang memuaskan bagi pengguna dengan preferensi yang semakin beragam," ujarnya.

Dia menambahkan, melalui riset ini, pihaknya ingin mengidentifikasi platform e-commerce yang berhasil unggul.

"Melalui riset IPSOS kali ini, kami ingin mengidentifikasi platform marketplace mana yang berhasil unggul dalam skala tingkat kepuasan pengguna serta aspek apa saja yang mempengaruhi pilihan tersebut,” katanya.

Solusi Platform E-Commerce Melengkapi Rasa Nyaman Berbelanja Online

Komitmen para platform e-commerce dalam memberikan pengalaman berbelanja holistik terbaik bagi pengguna mendorong lahirnya sejumlah fitur dan program inovatif. Hal ini dilakukan para pemain di industri sebagai upaya untuk memahami dan menyesuaikan platform mereka dengan kebutuhan serta preferensi konsumen yang dinamis.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More