14 Daerah di Indonesia yang Memiliki Banyak Pantai

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:21 WIB
Sejumlah daerah di Indonesia memiliki banyak pantai yang indah. Pantai-pantai ini menjadi destinasi wisata yang menarik yang mampu menyedot jutaan turis untuk berkunjung. Foto/iStock
JAKARTA - Sejumlah daerah di Indonesia memiliki banyak pantai yang indah. Pantai-pantai ini menjadi destinasi wisata yang menarik yang mampu menyedot jutaan turis untuk berkunjung.

Pantai-pantai di Indonesia sangatlah luas, ditandai dengan terumbu karang, endapan dari gunung berapi, keanekaragaman hayati laut, serta arus laut yang kuat. Dengan sekitar 17.500 pulau, Indonesia memiliki garis pantai lebih dari 80.000 km dan menjadi yang terpanjang keempat di dunia.

Di antara daerah-daerah di Indonesia, ada yang terkenal memiliki banyak pantai. Daerah mana saja itu? Berikut sebagian yang bisa diinformasikan.





Daerah di Indonesia yang Memiliki Banyak Pantai

1. Kabupaten Aceh Besar

Kabupaten Aceh Besar masuk dalam Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Daerah ini memiliki banyak pantai yang indah.

Sebut saja Pantai Lampu'uk di Kecamatan Lhoknga yang pernah hancur akibat tsunami 2004. Ada juga Pantai Lhok Me di Kecamatan Mesjid Raya, pantai tersembunyi Ujong Pancu yakni Pantai Lhok Mata Ie, Pantai Lhok Keutapang Cut, Pantai Lhok Keutapang Rayek, Pantai Ie Rah, dan Pantai Lange, serta Pantai Ujong Batee yang terkenal dengan kotak pil beton yang dibangun oleh Jepang pada Perang Dunia II.

2. Kepulauan Bangka-Belitung

Kepulauan Bangka-Belitung dikenal dengan pantai berpasir putih dengan air biru jernih serta batu-batu granit. Pantai yang ada di Bangka antara lain Pantai Pulau Bangka, Pantai Air Anyir, Pantai Batu Bedaun, Pantai Matras, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Pasir Padi, Pantai Penyusuk, Pantai Rambak, Pantai Romodong, Pantai Tanjung Kalian, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tanjung Ular, Pantai Teluk Uber, Pantai Temberan, dan Pantai Tikus.

Sementara di Belitung ada Pantai Belitung, Pantai Pulau Lengkuas, Pantai Punai, Pantai Tanjung Binga, Pantai Tanjung Kelayang, dan Pantai Tanjung Tinggi.

3. Banten

Pantai-pantai terkenal di Banten terletak di pantai barat provinsi tersebut. Sebut saja Pantai Anyer, Pantai Carita, Pantai Karang Bolong, Pantai Sawarna, Pantai Tanjung Lesung, Pantai Ciputih, dan Pantai Peucang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More