Pesona Indonesia Timur Bersinar di Festival Indonesia di Melbourne 2024

Selasa, 13 Agustus 2024 - 15:33 WIB
Festival Indonesia Inc dan KJRI Melbourne kembali menyemarakan perayaan HUT ke-79 RI di Melbourne. Foto/ ist
MELBOURNE – Event tahunan ‘Festival Indonesia Inc’ bekerja sama dengan KJRI Melbourne kembali menyemarakan rangkaian perayaan HUT ke-79 RI tahun 2024 di Kota Melbourne.

Dengan mengangkat tema ‘Merajut Budaya dan Pertumbuhan Indonesia Timur’, Festival Indonesia (FI) 2024 menyoroti potensi alam wilayah Indonesia Timur secara keseluruhan, khususnya Maluku, Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Memang sudah saatnya ya Indonesia Timur menjadi sorotan utama karena keindahan alam dan potensi yang dimiliki, ini sejalan dengan program Pemerintah Indonesia The New Bali,” kata Dr. Celyanda Goeltom selaku Ketua Panitia.



Tahun ini Outdoor Festival Indonesia rencananya akan diselenggarakan pada hari Minggu, 6 Oktober 2024 di Argyle Square. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya acara diadakan dari pagi hingga sore dan diisi dengan berbagai pertunjukan budaya seperti tari-tarian, Pencak Silat, pertunjukan musik dan hiburan lainnya.

Selain itu, Argyle Square yang terletak di salah satu titik terpopuler di kota Melbourne juga akan dipenuhi oleh puluhan booth kuliner dan minuman tradisional khas Nusantara, seperti es cendol, es campur, es teler, nasi campur, rendang, sate dan makanan tradisional lainnya.

Salah satu warga lokal Melbourne, Ailee Ashton yang juga merupakan Indonesianis dan telah menghabiskan empat tahun tinggal di Padang sudah tidak sabar untuk daatang ke FI 2024 untuk bernostalgia.

“Saya sangat rindu makan rendang jadi saya akan datang untuk membeli makanan, dan oya saya sangat suka es dawet, tapi es dawet Padang beda dengan es dawet Jawa ya,” ungkapnya.

Festival Indonesia merupakan acara bebas terbuka bagi siapa saja, dan sebagai bentuk ajang karya yang diselenggarakan oleh diaspora Indonesia di Melbourne dengan dukungan Garuda Indonesia, Indofood, IIPC, Toko Nusantara, Tosaria, the Daily Angkringan, Saliro Kito, Nelayan dan banyak lagi sponsor lainnya. Konsul Jenderal RI Melbourne, Kuncoro Giri Waseso menyampaikan bahwa Festival Indonesia termasuk acara yang selalu dinantikan warga Melbourne.

“Acara ini merupakan bentuk sinergi antara masyarakat dan KJRI yang selalu kami dukung. Tahun lalu terdapat sekitar 5000 pengunjung dari segala penjuru kota Melbourne yang meramaikan FI’. Kesuksesan FI 2023 diwarnai dengan pecahnya rekor dunia flashmob Tari Tor-Tor dengan peserta terbanyak di luar negri yaitu sekitar 1200 peserta yang bersama-sama memenuhi Argyle Square untuk menarikan Tor-Tor. Tahun ini FI 2024 diharapkan akan dipadati sekitar 6000 pengunjung, yang terdiri dari diaspora Indonesia dan warga lokal Melbourne dari berbagai bangsa. Sebagai gambaran, di Victoria terdapat sekitar 18.000 WNI dan sebagian besar yang tinggal di Melbourne tentunya akan datang ke Festival Indonesia.

Selain acara utama di Argyle Square, rangkaian Festival Indonesia tahun ini juga akan dilaksanakan disepanjang bulan Oktober dengan acara-acara lainnya, antara lain Indonesian Night pada 4 Oktober 2024 di Melbourne City Conference Center (MCCC) yang akan diisi oleh musikal teater asal Timur Indonesia yaitu Nogei dan musisi terkenal Marasante, Forum Bisnis pada 3 Oktober 2024 yang akan mengangkat kesempatan berinvestasi di daerah Timur Insonesia dalam berbagai industri dan di sepanjang 7 hingga 11 Oktober akan diselenggarakan FI Goes to School ke sekolah-sekolah di Melbourne, Geelong, Bendigo dan Ballarat.
(tdy)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More