10 Tradisi 17 Agustusan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Kamis, 15 Agustus 2024 - 07:00 WIB
Beberapa daerah di Tanah Air biasanya menyelenggarakan tradisi yang membuat perayaan HUT RI semakin meriah. Salah satunya Pawai Jampana. Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Perayaan HUT ke-79 RI sudah di depan mata. Tak hanya di IKN ataupun Jakarta, beberapa daerah lain di Indonesia juga turut memeriahkannya.

Beberapa daerah di Tanah Air biasanya menyelenggarakan tradisi yang membuat perayaan HUT RI semakin meriah. Nah, berikut beberapa tradisi unik perayaan HUT RI di berbagai daerah Indonesia, melansir dari laman Wonderful Indonesia.

1. Tirakatan, Jawa

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jawa, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Tirakatan. Tirakatan adalah tradisi wajib yang biasa dilakukan setiap tanggal 16 Agustus malam.





Acara ini biasanya dihadiri oleh para sesepuh dan pejabat desa, serta warga setempat. Susunan acaranya meliputi pem

7. Telok Abang, Palembang

Jika Anda kebetulan sedang ada di Palembang pada bulan Agustus, mungkin akan menemukan banyak sekali penjual Telok Abang di sepanjang jalan. Ini adalah mainan khas bulan Agustus yang selalu diburu oleh masyarakat.

Mainan dari gabus yang dibentuk menjadi kapal laut, pesawat terbang, atau kereta ini sudah lekat dan menjadi bagian dari tradisi perayaan HUT RI. Selain gabus yang berwarna kuning serta berbagai kertas yang ditempelkan sebagai hiasan, Telok Abang juga dilengkapi dengan telur rebus. Uniknya, telur tersebut dicat dengan warna merah, kemudian ditancapkan di bagian tengah kapal.

8. Barikan, Malang

Barikan adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh warga Malang setiap tanggal 16 Agustus malam. Acara ini merupakan syukuran di setiap kampung atau lingkungan warga.

Dalam acara ini, biasanya akan ada acara doa bersama, renungan kemerdekaan, menyanyikan lagu kebangsaan, dan makan bersama. Acara ini dilakukan sebagai wujud syukur serta ajang silaturahmi untuk mempererat persaudaraan antartetangga.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More