Ini Makna Filosofi Baju Adat Kustin yang Dikenakan Jokowi di Upacara HUT ke-79 RI

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 12:21 WIB
Presiden Jokowi tampil dengan baju adat Kalimantan Timur, yakni Kustin, saat memimpin upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8/2024). Foto/Tangkapan Layar YouTube
JAKARTA - Presiden Jokowi tampil dengan baju adat Kalimantan Timur, yakni Kustin, saat memimpin upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8/2024).

Baju adat Kustin sendiri merupakan warisan kesultanan Kutai. Jokowi tampak mengenakan satu set baju adat dengan warna dominan hitam dan terbuat dari kain beludru atau linen tersebut.

Bagian kerah dan lengan baju adat yang dikenakan Jokowi tampak dihiasi detail ukiran emas. Begitu pula dengan sang istri, Iriana Jokowi, yang tampil kompak mengenakan baju adat serupa.





Jokowi tak lupa mengenakan aksesori kepala berbahan beludru dengan sentuhan warna emas. Sementara Irina tak kalah anggun dengan gaya rambut disanggul, lengkap dengan tusuk konde bernuansa emas.

Iriana dan Jokowi juga senada mengenakan kain batik bernuansa cokelat yang mempermanis tampilan. Tampak unsur warna emas begitu senada dan match pada busana adat yang dikenakan Jokowi maupun Iriana.

Lantas, apa makna filosofi di balik baju adat Kustin dari Kalimantan Timur ini? Berikut ulasannya.

Baju Kustin adalah pakaian adat Kalimantan Timur yang berasal dari suku Kutai, sama halnya seperti baju Takwo dan baju Miskat.

Pakaian adat Kalimantan Timur ini biasa digunakan sebagai baju pengantin yang terbuat dari bahan beludru berwarna hitam dan lengan panjang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More