Diidap Puput Novel, Ini Penyebab Kanker Payudara yang Sering Tak Disadari

Senin, 09 September 2024 - 09:00 WIB
Penyebab kanker payudara seperti yang diidap almarhumah Puput Novel sering tak disadari. Padahal, ini merupakan jenis kanker paling mematikan di Indonesia. Foto Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Penyebab kanker payudara seperti yang diidap almarhumah Puput Novel sering tak disadari. Padahal, ini merupakan jenis kanker paling mematikan di Indonesia.

Kanker payudara harus disikapi serius oleh semua orang, terkhusus perempuan sebagai kelompok yang paling rentan mengalaminya. Mengenali faktor risiko kanker payudara bisa membuat Anda lebih waspada untuk melakukan deteksi dini.

Kanker payudara sendiri merupakan kanker yang terbentuk di jaringan payudara. Kanker ini terjadi ketika sel-sel pada jaringan di payudara tumbuh secara tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan area di sekitarnya.





Kanker payudara bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus) atau di saluran (duktus) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Selain itu, kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat dalam payudara.

Dirangkum dari situs resmi Kementerian Kesehatan, berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kanker payudara.

1. Haid pertama pada usia di bawah 12 tahun.

2. Wanita yang tidak menikah.

3. Wanita menikah tapi tidak punya anak.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More