Berawal dari Iseng Jualan di TikTok, Ibu Rumah Tangga di Kalteng Ini Sukses Jadi Kreator Affiliate

Selasa, 17 September 2024 - 20:00 WIB
Kisah Indah Putri meraih kesuksesan bisa menjadi inspirasi. Foto/Istimewa
PALANGKARAYA - Kisah seorang ibu rumah tangga di Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) meraih kesuksesan bisa menjadi inspirasi. Perempuan bernama Indah Putri itu berhasil mengubah hidupnya menjadi lebih baik berkat TikTok.

Dimulai dari sekadar iseng mencoba fitur live jualan di TikTok pada 2021, Indah kini telah menjadi seorang kreator affiliate sukses dengan hampir sejuta pengikut.

Sebelum terjun ke dunia kreator affiliate, Indah membantu orang tuanya yang memiliki warung makan dan mengurus keluarga. Namun, keinginan menambah penghasilan membuat pemilik akun @indahputri13_ ini tertarik untuk mencoba peruntungan di TikTok.



Berawal dari rasa penasaran saat melihat teman-teman berjualan di TikTok tanpa latar belakang khusus, Indah memulai petualangannya di platform tersebut dengan modal ponsel sederhana dan produk-produk yang ada di rumah.

“Awalnya saya hanya menjual produk kecantikan seperti lipstik dan sunscreen. Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai merambah ke produk-produk rumah tangga seperti peralatan dapur dan peralatan rumah tangga yang ternyata populer di kalangan audiens saya,” kata Indah.

Selama tiga tahun menjadi kreator affiliate, Indah mengaku sempat menemui banyak tantangan. Salah satunya membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Secara konsisten, Indah biasanya melakukan siaran langsung dua kali sehari, yaitu mulai pukul 13.00 dan pukul 20.00 WIB dengan durasi yang bervariasi.

Berkat konsistensi, kerja keras, dan fokus pada tujuannya, Indah berhasil meningkatkan pendapatannya hingga 5 kali lipat. Dari peningkatan tersebut, Indah dapat membeli sebuah rumah dan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga.

Menurut Indah, kunci sukses menjadi affiliate creator adalah konsistensi dan personal branding yang kuat. Indah pun membangun personal branding sebagai kreator yang bersahabat, antusias, dan penuh semangat di setiap video live streaming-nya.

“Tips bagi yang ingin menjadi kreator affiliate TikTok adalah sering melakukan live, membangun interaksi dengan penonton, dan memilih produk yang tepat. Selain itu penting juga untuk konsisten, terus belajar dan mengembangkan diri, serta jangan takut untuk mencoba hal-hal baru,” tutur Indah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More