Dr. Tirta Ungkap Mitos dan Fakta Begadang, Temukan Tips Kesehatannya dalam Konten YouTube

Sabtu, 21 September 2024 - 12:15 WIB
Dr. Tirta mengungkap poin penting efek begadang pada regenerasi sel tubuh. Foto/ MNC Media
Dr. Tirta sebagai dokter sekaligus kreator konten kesehatan, kembali hadir dengan konten yang edukatif dan relevan. Dalam kontennya ini Dr. Tirta membahas berbagai mitos dan fakta kesehatan yang masih sering disalahpahami oleh masyarakat. Dalam konten terbarunya, Dr. Tirta mengungkap beberapa poin penting yang bisa berdampak langsung pada kesehatan sehari-hari.

Salah satu mitos yang dibahas adalah efek begadang terhadap regenerasi sel tubuh. Menurut Dr. Tirta, begadang memang mengganggu proses regenerasi sel yang idealnya terjadi pada malam hari. Meskipun tidur siang dilakukan, regenerasi tubuh tetap tidak optimal.

Untuk itu, Dr. Tirta mengingatkan pentingnya menjaga asupan cairan, terutama bagi mereka yang berada di lingkungan ber-AC agar terhindar dari dehidrasi.



Dr. Tirta juga membahas fenomena brain freeze, yang sering terjadi saat seseorang minum air yang terlalu dingin setelah berolahraga. Solusinya? Minum air sejuk, bukan dingin untuk membantu menurunkan suhu tubuh dan mencegah dehidrasi.

Selain itu, tips kesehatan lain yang Dr. Tirta bagikan adalah tentang merendam kaki dengan air dingin setelah berolahraga. Cara ini efektif untuk meredakan peradangan dan mencegah cedera otot, terutama bagi mereka yang rutin beraktivitas fisik intens.

Mitos kenaikan berat badan akibat makan malam juga dibantah oleh Dr. Tirta yang menegaskan bahwa kenaikan berat badan tidak terjadi hanya karena satu kali makan, melainkan akumulasi dari pola makan dan aktivitas selama sehari penuh.

Tak hanya itu, Dr. Tirta juga menjelaskan bahwa latihan atlet harus disesuaikan dengan tujuan spesifik apakah untuk meningkatkan stamina, kekuatan otot, atau daya tahan tubuh. Bagi kalian yang Ingin tahu lebih banyak fakta kesehatan? Kunjungi Dr. Tirta dI YouTube @tirtapengpengpeng, untuk konten yang informatif dan mendidik tentang mitos kesehatan yang sering salah di masyarakat.
(tdy)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More