Kenapa Asam Lambung Naik saat Sedang Grogi? Ini Penjelasannya!

Senin, 30 September 2024 - 11:15 WIB
Pernahkah Anda tiba-tiba mengalami asam lambung naik saat sedang panik, cemas, atau grogi? Mungkin saja itu menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami GERD anxiety. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Pernahkah Anda tiba-tiba mengalami asam lambung naik saat sedang panik, cemas, atau grogi? Mungkin saja itu menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami GERD anxiety.

Lantas, kok bisa ya, kecemasan atau grogi membuat asam lambung naik? Berikut penjelasannya, melansir dari berbagai sumber, Senin (30/9/2024).

Anxiety atau kecemasan adalah respons alami tubuh terhadap stres. Meskipun GERD dan anxiety adalah dua hal yang berbeda, namun peneliti percaya bahwa kedua masalah tersebut saling berhubungan.





GERD anxiety merupakan gangguan saluran pencernaan karena kecemasan. Berdasarkan studi tahun 2018 pada Medical News Today, mereka melibatkan 19.000 orang dan ditemukan bahwa yang mengalami kecemasan lebih mungkin mengalami gejala GERD.

Studi lain menemukan bahwa efek negatif GERD bisa meningkatkan kecemasan dan depresi. Penelitian lain menemukan bahwa anxiety bisa berkaitan gejala GERD seperti heartburn dan nyeri perut bagian atas.

Kecemasan dan tekanan psikologis lain mempengaruhi motilitas esophagus dan fungsi sfingter esofagus bagian bawah. Motilitas esophagus menimbulkan kontraksi untuk memindahkan makanan ke perut.

GERD secara umum atau akibat kecemasan memiliki gejala yang sama, karena yang membedakan hanyalah penyebab yang mendasarinya.

Berikut gejala GERD anxiety.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More