5 Fakta Gunung Rinjani, Dianggap Sakral sebagai Pelindung Pulau Lombok

Senin, 07 Oktober 2024 - 06:00 WIB
Fakta Gunung Rinjani, Lombok menarik perhatian. Salah satunya menjadi gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Foto/ Instagram
JAKARTA – Fakta Gunung Rinjani , Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi perbincangan netizen setelah kejadian nahas menimpa dua pendaki yang terjatuh dan hilang. Insiden ini dialami dua pendaki wanita yang menyebabkan seorang selamat dan satu lainnya masih dalam pencarian.

Terlepas dari peristiwa itu, Gunung Rinjani merupakan salah satu spot indah yang dikagumi masyarakat. Para pelancong berbondong-bondong menjelajahi indahnya pegunungan di Lombok, NTB dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (MDPL).





Rinjani yang merupakan gunung api tertinggi ketiga di Indonesia ini juga menyimpan banyak fakta yang wajib diketahui para traveler. Penasaran? Berikut informasinya dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (6/10/2024).

Fakta Gunung Rinjani

1. Namanya Berasal dari Bahasa Jawa

Mungkin banyak yang tahu jika nama Gunung Rinjani berasal dari bahasa Jawa, meski berada di Pulau Lombok. Nama Gunung Rinjani berasal dari Bahasa Jawa Kuno yang berarti ‘Tuhan’. Masyarakat setempat memilih penamaan tersebut dari seorang putri raja yang sedang bersemedi di Lombok. Sang putri itu bernama Anjani.

2. Dijuluki Gunung Pantai

Fakta lainnya, Gunung Rinjani juga dijuluki sebagai gunung pantai. Gunung ini terdiri dari hamparan padang sabana sehingga udara terasa panas dan tak seperti gunung biasanya.

Banyaknya tiupan angin kencang yang ada di permukaannya, menjadikan Gunung Rinjani dijuluki gunung pantai karena kemiripan suhu dan iklimnya dengan area pantai.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More