Dr. Tirta Bongkar Rahasia Sehat, Jangan Sepelekan Sayur dan Serat!

Selasa, 08 Oktober 2024 - 13:20 WIB
Dr. Tirta seorang kreator konten kesehatan, baru-baru ini membahas pentingnya mengonsumsi sayur dan makanan berserat dalam kontennya. Foto/MNC Media
JAKARTA - Dr. Tirta seorang kreator konten kesehatan, baru-baru ini membahas pentingnya mengonsumsi sayur dan makanan berserat dalam kontennya berjudul Edukasi Buat yang Ngeyel Gak Mau Makan Sayur dan Serat. Di konten ini, dr. Tirta berbagi pengalaman pribadinya setelah fokus hanya pada asupan protein daging merah dan putih tanpa memperhatikan serat dari sayuran selama dua bulan. Akibatnya, dr. Tirta mengalami masalah pencernaan yaitu seperti sembelit dan perdarahan saat buang air besar.

Menyadari pentingnya serat, dr. Tirta pun kembali memasukkan sayur-sayuran seperti salad, pecel, dan sayur mentah dalam menu sehari-harinya. Dr. Tirta menekankan bahwa banyak orang sering lupa atau enggan mengonsumsi sayur, padahal serat sangat penting untuk kesehatan usus dan pencernaan. Dr. Tirta juga mengingatkan bahwa serat dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker usus besar dan diabetes.





Dalam kontennya, dr. Tirta juga membahas mitos mengenai sayuran yang digoreng seperti kol dan terong yang sering dijual di warung. Menurut dr. Tirta, menggoreng sayur memang mengurangi nutrisi, apalagi jika digoreng terlalu lama atau menggunakan minyak bekas. Namun, sesekali makan sayur goreng bukan masalah, asal tidak dijadikan makanan utama.

Lebih lanjut, Dr. Tirta mengajak masyarakat untuk menjaga pola makan seimbang dengan mengonsumsi sayur dan buah secara rutin. Dr. Tirta menambahkan bahwa orang dewasa, menurut WHO disarankan mengonsumsi 30 gram serat per hari untuk pria dan 21 gram untuk wanita lansia. Menurutnya, orang tua juga harus membiasakan anak-anak makan sayur agar kebutuhan serat terpenuhi sejak dini.



Dengan gaya yang menghibur, dr. Tirta menjawab pertanyaan dari krunya dan memberikan tips sederhana agar para pengikutnya tidak lagi menyepelekan konsumsi sayur, karena sayur merupakan bagian penting dari pola makan seimbang yang wajib dikonsumsi. Untuk kalian yang ingin melihat konten kesehatan lainnya yang bermanfaat bisa langsung kunjungi akun YouTube @tirtapengpengpeng.
(dra)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More