Mengenal Penyakit Scabies yang Sering Dialami Santri: Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Selasa, 22 Oktober 2024 - 23:40 WIB
Penyakit scabies atau kudis merupakan salah satu penyakit kulit yang sering dialami santri. Kondisi asrama yang padat, membuat penyakit ini mudah menyebar. Foto/Anveya
JAKARTA - Penyakit scabies atau kudis merupakan salah satu penyakit kulit yang sering dialami santri di lingkungan pesantren. Kondisi asrama yang padat, kurangnya kebersihan, serta interaksi fisik yang intens antar santri membuat penyakit ini mudah menyebar.

Scabies, yang disebabkan oleh tungau kecil bernama sarcoptes scabiei, bisa menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Penyakit ini bisa memengaruhi kenyamanan serta kesehatan santri dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Mengenal Penyakit Scabies yang Sering Dialami Santri







Apa Itu Scabies?



Scabies adalah penyakit kulit yang sangat menular, disebabkan oleh investasi tungau kecil yang menggali dan bersarang di lapisan kulit. Tungau betina menggali terowongan di bawah kulit untuk bertelur, menyebabkan gatal dan iritasi.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (22/10/2024), penyakit ini tidak hanya menular melalui kontak langsung kulit dengan kulit, tetapi juga melalui benda-benda yang dipakai bersama, seperti pakaian, handuk, atau seprai.

Penyebab Scabies



Santri yang tinggal di lingkungan pesantren sering kali berbagi fasilitas seperti tempat tidur, kamar mandi, serta peralatan pribadi. Kondisi ini membuat tungau penyebab scabies mudah menyebar.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More