Menjelajah Nusantara melalui Sport Tourism

Jum'at, 11 September 2020 - 11:42 WIB
Menjelajah Nusantara melalui Sport Tourism
Bila kamu penggemar olahraga sekaligus plesiran, banyak sekali pilihan sport tourism yang dapat kamu ikuti. Tak perlu mahal-mahal ke luar negeri, cukup #DiIndonesiaAja. Sebelum lebih jauh membicarakan sport tourism, ada baiknya kita pahami dulu apa itu sport tourism. Sesuai namanya, sport tourism adalah aktivitas plesiran atau berwisata yang dikaitkan langsung dengan olahraga. Bentuknya kegiatan olahraga yang digelar di sekitar lokasi wisata, atau bisa juga sebaliknya, berwisata yang dilakukan sembari mengikuti kegiatan olahraga.

Ada dua jenis sport tourism, yaitu hard sport tourism dan soft sport tourism. Hard sport tourism adalah pariwisata olahraga yang terkait dengan acara besar yang bersifat regular seperti Olimpiade, Asian Games, SEA Games dan World Cup; sedangkan soft sport tourism adalah pariwisata olahraga dengan unsur gaya hidup seperti lari marathon, hiking, diving, surfing dan rafting, bersepeda gunung, dan paralayang. Untuk mengetahui lebih banyak lokasi plesiran kamu bisa ngulik di sini .

Kali ini kita akan menyimak beberapa sport tourism yang menarik untuk kamu jajal.

Marathon

Olahraga yang sangat populer dan semua orang bisa melakukannya sambil plesiran adalah maraton. Di Indonesia marak diselenggarakan maraton seperti Jakarta Marathon, Bali Marathon, Borobudur Marathon, Bintan Triathlon. Tentu itu hanya sebagian kecil, karena hampir setiap kota di Indonesia saat ini punya event sport tourism lari maraton.



Dalam kegiatan tersebut kamu bisa sekadar menonton, bisa juga terlibat langsung sebagai peserta maraton. Bila kamu melakukan yang kedua berarti kamu mempratikkan peribahasa ‘sekali merengkuh, dua tiga pulau terlampaui’. Maksudnya, kamu dapat hiburan sekaligus kesehatan. Seru kan?



Bersepeda

Olahraga sambil plesiran berikutnya adalah balap sepeda. Kamu bisa ikut menjadi peserta, atau sekadar menonton di lokasi-lokasi yang dilintasi arena balap sepeda. Kegiatan yang terkenal untuk sport tourism sepeda antara lain Tour De Singkarak dan Banyuwangi Festival.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More