Cocok Disantap di Kala Hujan, Ini Cara Bikin Tongseng Solo yang Enak

Jum'at, 06 November 2020 - 08:08 WIB
Tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. / Foto: Ilustrasi/Sasa
JAKARTA - Tongseng Solo dapat menjadi pilihan pas makanan berkuah untuk menghangatkan tubuh saat hujan. Tongseng merupakan hidangan sejenis gulai dengan bumbu yang lebih tajam. Perbedaan yang lebih jelas adalah pada penggunaan dagingnya.

( )

Tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Tongseng pada umumnya menggunakan daging kambing, meski ada juga tongseng daging sapi, kerbau atau ayam. Sebagai tambahan, ke dalam kuah kental dimasukkan kol, bawang putih, tomat, dan kecap.

Bumbu tongseng terdiri dari campuran garam, bawang putih, kecap, dan lada. Biasanya tongseng dijual bersamaan dengan sate kambing . Tongseng dianggap sebagai makanan khas daerah Solo, Magelang dan sekitarnya. Namun, Anda tak perlu jauh-jauh ke Solo untuk menikmati semangkuk tongseng, buat sendiri di rumah juga bisa.

Praktis dan bahannya mudah didapat. Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep membuat tongseng Solo seperti dikutip dari Endeustv.



Bahan-bahan:

400 g daging kambing bagian paha, potong dadu 2 cm

50 g air parutan buah nanas

3 sdm minyak goreng
Halaman :