Agar Waspada, 4 Hal Ini Bisa Hindari Modus Penipuan Program Undian

Senin, 21 Desember 2020 - 23:30 WIB
Masyarakat diharapkan selalu cermat ketika menerima informasi terkait undian berhadiah. Foto Ilustrasi/Kaspersky
JAKARTA - Masyarakat perlu waspada terhadap modus penipuan berkedok undian berhadiah karena berdasarkan data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serangan siber sejak Januari hingga Agustus 2020 tercatat 189.937.542 kasus atau hampir lima kali lipat dari tahun sebelumnya. Salah satu modus yang paling banyak tercatat adalah "phising".

Secara sederhana, "phising" dilakukan penipu dengan cara memberikan calon korban tautan ke sebuah situs web palsu yang akan mencuri data pribadi korban seperti nama lengkap, alamat, hingga nomor kartu kredit atau bentuk identitas perbankan lain. Lalu, bagaimana masyarakat bisa menghindari modus penipuan berkedok undian berhadiah?

( )

“AQUA selaku penyelenggara program undian #HatiHarusOptimis yang tengah berlangsung mengimbau agar masyarakat selalu cermat ketika menerima informasi terkait undian berhadiah,” kata Marketing Manager AQUA Jeffri Ricardo.

"Kenali tanda-tanda informasi yang mencurigakan dan jangan segan menghubungi call center penyelenggara," tambahnya.



Berikut adalah empat hal yang masyarakat dapat cermati ketika menerima informasi terkait undian berhadiah.

1. Cermati Alamat Situs Web (URL) yang Akan Diklik

Modus "phising" akan mengarahkan calon korban ke alamat situs web palsu yang mirip dengan situs web asli. Bagi mata yang kurang cermat, besar kemungkinan alamat-alamat palsu ini terlihat sama dengan yang asli. Untuk itu, pastikan Anda telah mengetahui situs resmi dari penyelenggara undian berhadiah dan mengenali tampilan pada halaman situs tersebut.

2. Cermati Pengirim Pesan yang Menghubungi Anda
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More