Para Moms, Yuk Perhatikan Periode Emas Anak Sejak Dalam Kandungan

Selasa, 22 Desember 2020 - 10:55 WIB
foto / dok istimewa
JAKARTA - 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan periode emas bagi tumbuh kembang anak . Di periode ini Ibu memiliki peranan penting dalam memberikan tiga kebutuhan dasar anak dalam hal asah, asih dan asuh .

Dokter Spesialis Anak Miza Afrizal, BMedSc, SpA, MKes dari klinik kecil menuturkan perkembangan massa otak 70-80% terjadi pada 1000 HPK, yang dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Itu sebabnya, masa kritis pertumbuhan seorang anak sangat ditentukan pada masa 1000 HPK. “Ini merupakan milestone untuk anak, sehingga harus terbentuk dengan baik pada masa ini,” ujar Miza saat konferensi pers virtual, beberapa waktu lalu.



Menurut Miza, banyak hal yang menentukan keberhasilan 1000 HPK, mulai dari nutrisi, stimulasi, dan tentunya bonding orang tua dan anak sejak masih dalam kandungan. Tidak hanya bermanfaat untuk tumbuh kembang, bonding yang kuat juga diperlukan bayi untuk membuatnya tenang saat menghadapi lingkungan baru di luar kandungan.



Sementara itu menurut Psikolog Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani, M.Psi., dalam menjalani 1000 HPK, Ibu dihadapkan dengan berbagai macam tantangan seperti perubahan fisik - hormon - emosional, tuntutan lingkungan terdekat akan konsep parenting hingga derasnya berbagai informasi yang perlu disaring sesuai kebutuhan diri.



“Padahal penting bagi Ibu untuk menjaga kesehatan mentalnya melalui psikoedukasi parenting dalam mengasuh si kecil, agar kualitas bonding antara Ibu dan anak menjadi optimal selama 1000 HPK,” ujar Nadya.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More