Setahun Pandemi, Pencegahan Covid-19 Jangan Sampai Kendur

Sabtu, 06 Maret 2021 - 21:09 WIB
Salah satu yang perlu dipercepat adalah adalah testing, selama ini rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah dua juta orang dalam sehari. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
JAKARTA - Pandemi Covid-19 sudah berlangsung setahun di Indonesia. Selama itu, jutaan orang telah terinfeksi, puluhan ribu orang meninggal dunia. Namun bersamaan dengan itu, berbagai langkah telah ditempuh pemerintah, dari penerapan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker), 3T (testing, tracing, dan treatment), hingga sosialisasi lain. Dampaknya angka kesembuhan pun ikut bertambah banyak.



Menanggapi hal itu, dr. Koko Andi Khomeini SpPD mengatakan bahwa langkah pemerintah selama ini sudah tepat. Dia melihat promosi perbaikan tetap jalan, vaksinasi Covid-19 yang tengah berlangsung harus terus didukung.

"Begitu pula penerapan 3M dan 3T. Yang selama ini sudah ada, sudah bagus. Tinggal dipercepat, dan diekskalasi," ujar dr. Koko dalam keterangan resminya, baru-baru ini.

Menurutnya, salah satu yang perlu dipercepat adalah adalah testing. Selama ini rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah dua juta orang dalam sehari. Namun yang masih terjadi kini perlu waktu 6-15 minggu untuk mencapai angka 2 juta.



Sedangkan mengenai vaksinasi, seperti vaksinasi mandiri atau gotong royong yang diusung oleh usaha swasta, dr. Koko menyambutnya positif.

Dia menuturkan bahwa vaksinasi Covid-19 harus melibatkan semua pihak. Kedua, vaksinasi memiliki target sebagai upaya untuk menyehatkan bangsa dan negara, sehingga akses harus diberikan seluas mungkin. "Ketiga, vaksin harus tersedia. Setelah vaksin tersedia, target vaksinasi harus diberikan seluas mungkin dan lebih cepat dan gratis," tuturnya.

Dokter Koko juga mengatakan bahwa penanganan Covid-19 jangan sampai kendur. Berbagai program harus tetap dilanjutkan dan ditingkatkan. Tidak hanya menggencarkan program vaksinasi massal untuk mengatasi Covid-19, pemerintah pun menggalakkan program 3T.

"Tujuannya, untuk melacak penyebaran Covid-19 dari seseorang yang sudah dinyatakan positif terpapar Covid-19. Belakangan ini pelacakan juga digelar hingga tingkat pedesaan," terang dr. Koko.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More