5 Alternatif Pengganti Ketupat untuk Menemani Opor Saat Lebaran

Minggu, 24 Mei 2020 - 09:30 WIB
Lebaran identik dengan ketupat yang dijadikan pengganti nasi, untuk dikonsumsi bersama opor, semur, dan sayuran. Namun, ketupat bisa diganti alternatif lain. (Pinterest)
Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran sudah tiba. Satu hal yang tidak pernah terlewat menjadi bagian dari kehangatan momen ini adalah menikmati hidangan.

Lebaran selalu identik dengan ketupat. Makanan berbahan dasar beras yang dibungkus menggunakan anyaman daun kelapa yang masih muda ini seolah selalu berada dalam daftar wajib menu yang disajikan pada hari kemenangan ini.

Ketupat biasanya dijadikan pengganti nasi, untuk dikonsumsi bersama opor, semur, dan sayuran. Namun, Anda bisa mengganti ketupat dengan alternatif lain. Bagi yang belum menentukan pilihan, Endeus punya beberapa hidangan pengganti ketupat. Berikut ulasannya.

1. Lontong

Sebagian besar masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan berbahan dasar nasi ini. Biasanya lontong tersaji bersama dengan sate, opor ayam, atau sayur. Selain lauk-pauk tersebut, lontong juga cocok dikombinasikan dengan sate klopo.



2. Lemang, Sumatera

Meski membutuhkan proses yang lumayan menyita, cita rasa lemang yang gurih dan kaya rasa memang terbukti dapat memanjakan lidah sebagian orang. Tidak hanya nikmat disajikan dengan hidangan gurih, lemang juga cocok disantap dengan pendamping tapai. Hidangan berbahan dasar beras ketan khas Sumatera ini tergolong dalam masakan yang memerlukan kesabaran dalam membuatnya.

3. Sekubal, Lampung

Sajian hari lebaran yang akrab dengan masyarakat Lampung ini dibuat dari beras ketan yang dibalut dengan daun pisang lalu dikukus. Terbayang aroma dan rasa gurihnya jika dipadukan dengan rendang atau opor. Sekubal kerap dihidangkan di acara-acara besar seperti perkawinan, khitanan, dan begawi adat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More