Banyak Anggapan ASI Eksklusif Rentan Kekurangan Vitamin D, Benarkah?

Rabu, 16 Juni 2021 - 16:11 WIB
Begitu banyak manfaat yang ditawarkan ASI, tetapi ada anggapan bahwa bayi ASI eksklusif rentan mengalami kekurangan vitamin D. Apakah itu benar? / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - ASI eksklusif merupakan asupan utama bayi hingga berusia 2 tahun, meski memasuki usia 6 bulan bayi sudah bisa mendapat MPASI.



Begitu banyak manfaat yang ditawarkan ASI, tetapi ada anggapan bahwa bayi ASI eksklusif rentan mengalami kekurangan vitamin D . Apakah itu benar?

Menjawab pertanyaan tersebut, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Hermina Arcamanik, dr Meti Metiani, SpPD, menjabarkan bahwa kebutuhan asupan vitamin D pada bayi berusia 0-11 bulan sebanyak 400 IU sesuai dengan AKG 2019.

"Jadi, sejauh ini kalau untuk bayi ASI eksklusif, kebutuhan vitamin D-nya itu 400 IU. Tapi, kalau ditanya apakah bayi ASI eksklusif berisiko defisiensi vitamin D, saya belum pernah mem



Artinya, bayi ASI eksklusif bukannya tidak baik ketimbang bayi susu formula, tetapi mereka berisiko defisiensi karena faktor luar juga. "Ada risiko ibunya defisiensi vitamin D sehingga memengaruhi kualitas ASI yang diberikan untuk bayinya," imbuhnya.
(nug)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More