Pasien Covid-19 Berisiko Tinggi Alami Penyakit Ginjal Stadium Akhir

Minggu, 05 September 2021 - 07:00 WIB
Pasien Covid-19 Berisiko Tinggi Alami Penyakit Ginjal Stadium Akhir. Foto/Express.
JAKARTA - Pasien Covid-19 berisiko tinggi mengalami penyakit ginjal stadium akhir. Sebuah studi baru menemukan pasien Covid-19 , bahkan dengan gejala ringan , memiliki risiko 215% lebih tinggi menderita penyakit ginjal stadium akhir.

Dilansir dari Express, Minggu (5/9) ada penelitian yang berkembang yang menyoroti bahaya yang ditimbulkan virus pada ginjal.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa pasien Covid-19 memiliki kadar protein yang tinggi dalam urin dan kerja darah yang tidak normal. Penulis senior Zyad Al-Aly, MD, asisten profesor kedokteran di Universitas Washington, mengatakan 510.000 pasien Covid-19 mengalami cedera atau penyakit ginjal.

"Temuan kami menekankan pentingnya memperhatikan fungsi ginjal dan penyakit dalam merawat pasien yang memiliki Covid-19," kata Zyad.

Para peneliti mengambil data dari lebih dari 1,7 juta veteran AS yang sehat dan positif Covid-19. Dari para veteran, 89.216 telah mengkonfirmasi diagnosis Covid-19, dan berhasil melewati fase infeksi akut yakni 30 hari pertama penyakit.



Di antara pasien Covid-19, 12.376 dirawat di rumah sakit, termasuk 4.146 yang dirujuk ke unit ICU.



"Risiko penurunan fungsi ginjal paling tinggi di antara orang-orang yang berada di ICU. Namun, penting untuk dicatat bahwa risiko meluas ke semua pasien, bahkan mereka yang memiliki kasus Covid-19 yang lebih ringan," jelas Zyad.

Temuan mengungkapkan bahwa pasien yang tertular virus memiliki risiko 15% lebih tinggi menderita peristiwa ginjal yang merugikan seperti penyakit ginjal, risiko 30% lebih tinggi terkena cedera ginjal akut, dan risiko 215% lebih tinggi terkena penyakit ginjal stadium akhir.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More