5 Sayuran Pantangan bagi Penderita Asam Urat, Nomor 4 Mengandung Purin Sangat Tinggi

Selasa, 28 Desember 2021 - 16:51 WIB
Bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dipantang penderita asam urat. Foto/Web MD
JAKARTA - Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Asam urat bisa menyerang semua sendi di tubuh. Tapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Biasanya penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun. Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause.

Orang yang mengidap asam urat memiliki kreatinin hingga 7 mg/dL. Namun, tes ini tidak selalu memastikan penyakit asam urat, karena beberapa orang diketahui memiliki kadar asam urat tinggi, tetapi tidak mengidap penyakit asam urat.

Soal makanan pantangan asam urat, biasanya jenis makanan yang perlu dihindari adalah yang mengandung tinggi purin, yaitu sejenis zat alami yang terkandung dalam makhluk hidup. Purin terkandung dalam daging sapi, jeroan, makanan laut, hingga sayur-sayuran.





Seperti dikutip Web MD, berikut ini sayuran yang harus dipantang oleh penderita asam urat karena mengandung purin yang tinggi

1. Kembang Kol



Kembang kol memiliki kandungan antioksidan, serat, kalium, isothiocyanate (termasuk senyawa sulfur) dan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan ini yang dapat membantu mencegah beragam penyakit, serta memperbaiki dan membantu pertumbuhan jaringan tubuh. Tapi ternyata kembang kol juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Jumlah purin yang terkandung di dalam kembang kol adalah 51 gram per 100 gram.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More