Fakta Tentang Gunung Rinjani yang Wajib Diketahui

Selasa, 15 Maret 2022 - 19:12 WIB
Gunung Rinjani adalah salah satu yang memiliki pemandangan indah. Foto/MNC Media
JAKARTA - Wisata alam memang selalu menawarkan beragam cara bagi kita untuk merileksasi pikiran dan beristirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari. Alam menyuguhkan pemandangan indah yang bisa membuat kita lebih tenang dan juga merasa damai. Tidak heran banyak wisatawan memilih gunung sebagai destinasi wisata. Gunung memiliki udara yang sejuk dan bersih sehingga cocok untuk menyegarkan pikiran kita.

Dilansir dari Okezone.com, terdapat banyak manfaat mendaki gunung di sisi kesehatan. Mulai dari membantu tubuh untuk membakar kalori, meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, hingga memberikan manfaat untuk kesehatan otak.

Di Indonesia terdapat banyak gunung yang cocok dikunjungi para wisatawan, salah satunya adalah Gunung Rinjani di Lombok yang eksotis. Memiliki ketinggian 3.726 mdpl, Rinjani digadang-gadang menjadi wisata trekking terbaik di Asia Tenggara. Supaya lebih mengenal gunung satu ini, berikut beberapa fakta menarik tentang Gunung Rinjani.



1. Seven Summits Indonesia



Rinjani adalah salah satu gunung yang masuk ke dalam deretan seven summits Indonesia, yaitu gunung-gunung dengan puncak tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggiannya yang mencapai 3.726 mdpl membuat Gunung Rinjani berada di urutan ketiga setelah puncak Gunung Cartenz di Gunung Jayawijaya dan Gunung Kerinci di Jambi.

2. Julukan Gunung Pantai

Dijuluki sebagai gunung pantai karena adanya hamparan padang sabana yang begitu luas. Padang savana ini juga memiliki sangat sedikit pohon, jadi tak heran jika udaranya terasa panas. Cuaca yang cukup panas ini memberikan rasa panas seolah sedang berjalan di tepi pantai.

3. Gunung Rinjani memiliki danau vulkanik terbesar di dunia
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More