Sports Drink dengan Asam Amino untuk Jaga Performa Olahraga

Sabtu, 26 Maret 2022 - 14:34 WIB
Ajinomoto meluncurkan aminoVITAL, sports drink nomor 1 di Jepang yang kini hadir di Indonesia. Foto/amino-vital.com
JAKARTA - Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi saat pandemi Covid-19 seperti sekarang, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terus mendorong semua orang untuk berolahraga teratur.

Selain meningkatkan kesehatan mental, tinjauan ilmiah 2019 di Journal of Sport and Health Science menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan respons imun, menurunkan risiko penyakit, dan mengurangi peradangan. Hanya, setelah berolahraga -terutama olahraga dengan intensitas tinggi- biasanya rasa nyeri akan timbul dan rasa tidak nyaman (muscle soreness) juga muncul karena adanya kerusakan jaringan otot.

Apalagi bagi para pegiat olahraga dan atlet, muscle soreness ini dapat berlangsung beberapa lama. Jika tidak ditangani secara tepat, rasa nyeri itu dapat mengganggu performa latihan.

Bagi PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto) yang selalu fokus pada peningkatan health dan wellness masyarakat, hal ini merupakan tantangan untuk menjawab keinginan para pegiat olahraga dan atlet dalam menjaga performa olahraga. Berbekal riset yang telah dilakukan puluhan tahun mengenai makanan, nutrisi, dan asam amino, Ajinomoto meluncurkan aminoVITAL, sports drink nomor 1 di Jepang yang kini hadir di Indonesia.

Sports drink ini pada awalnya dikembangkan untuk meningkatkan performa atlet Jepang. aminoVITAL adalah minuman jeli asam amino rasa apel dalam 1 kemasan 100 gr (2 sajian) dibuat dengan 3.000 mg asam amino dan 1.640 mg BCAA (leusin, soleusin, valin), dan sudah bersertifikasi halal untuk para atlet maupun pegiat olahraga. Minuman ini baik dikonsumsi 30 menit sebelum berolahraga atau di tengah-tengah aktivitas olahraga.



Perlu diingat, selain air dan lemak, tubuh manusia juga terdiri dari protein. Protein terbentuk dari 20 jenis asam amino, yang terdiri dari asam amino esensial dan asam amino non esensial.

Jumlah asam amino esensial di dalam tubuh ada sembilan. Seluruh asam amino esensial ini tidak bisa diproduksi tubuh secara alami. Itu artinya, tubuh hanya bisa mendapatkan asam amino esensial ini dari asupan sumber makanan. Padahal bagian tubuh seperti mata, telinga, rambut, darah, hormon bahkan sistem imun tubuh terdiri dari esensi protein ini.

Ajinomoto Co., Inc. yang lebih dari seratus tahun telah mempelajari asam amino, menjadikannya sebagai dasar untuk menjawab kebutuhan tersebut melalui pengembangan produk.

Berbeda dengan protein, asam amino merupakan komponen terkecil penyusun protein dan dapat langsung diserap di dalam tubuh dalam 30 menit.

Protein membutuhkan waktu 3-4 jam untuk dicerna dan diserap dalam tubuh. Produk aminoVITAL merupakan minuman olahraga yang mengandung asam amino.

Minum aminoVITAL 30 menit sebelum melakukan olahraga atau di tengah latihan yang intens untuk menyegarkan tubuh dengan baik. Mengonsumsinya dalam keadaan dingin akan terasa lebih segar dan nikmat.
(tsa)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More