Pengobatan Diabetes Tipe 2, Gula Darah Tinggi Langsung Turun

Rabu, 30 Maret 2022 - 05:05 WIB
Pengobatan diabetes tipe 2 bisa dilakukan dengan melakukan olahraga. Aktivitas ini terbukti menurunkan gula darah tinggi sehingga mengurangi risiko keparahan. Foto/Diabetes UK
JAKARTA - Pengobatan diabetes tipe 2 bisa dilakukan dengan melakukan sejumlah olahraga. Aktivitas ini terbukti dapat menurunkan gula darah tinggi sehingga mengurangi risiko keparahan.

Diabetes tipe 2 adalah kondisi metabolisme kronis yang ditandai dengan resistensi insulin. Fluktuasi kadar gula darah dapat memiliki efek yang mengerikan pada tubuh tetapi ada olahraga yang ditunjukkan untuk secara langsung menargetkan kerusakan sistem ini.

Dilansir dari Express, Rabu (30/3/2022) The American Diabetes Association merekomendasikan agar penderita diabetes tipe 2 memulai program olahraga kekuatan untuk membantu mengontrol gula darah.

Olahraga jenis ini melibatkan serangkaian peregangan atau pengangkatan, menahan setiap peregangan seperti selama 60 detik. Kemudian ulangi setiap bagian tubuh yang Anda targetkan.





Jenis olahraga ini dikatakan sebagai salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tubuh dan merupakan bagian penting dari rencana kebugaran apa pun. Selain itu, olahraga jenis ini juga memberikan manfaat lainnya.

Di antaranya merespon lebih baik terhadap insulin, perbaiki cara menggunakan gula darah, menurunkan berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian Internal Journal of Cardiology menunjukkan pada penderita diabetes tipe 2, olahraga kekuatan lebih bermanfaat untuk pengaturan gula darah daripada kardio.

Olahraga kekuatan bergantung pada glikolitik tubuh, atau penggunaan glukosa, sistem metabolisme untuk energi. Ahli fisiologi olahraga Nick Occhipinti mengatakan saat menjalani olahraga ini, menggunakan glikogen otot yang tersimpan untuk bahan bakar.

“Setelah glikogen otot yang disimpan ini habis, kita mulai memobilisasi glikogen ekstra dari hati dan dari darah. Ini membantu untuk secara langsung menurunkan glukosa darah serta menghabiskan cadangan glikogen otot dan hati yang tersimpan, memberikan glukosa darah tempat untuk pergi saat kita makan berikutnya," kata Nick.



Adapun contoh olahraga kekuatan adalah mesin angkat beban atau angkat beban gratis di gym, menggunakan pita resistensi, mengangkat beban ringan atau benda seperti barang kaleng atau botol air di rumah, senam atau latihan yang menggunakan beban tubuh sendiri untuk melatih otot, misalnya push up, sit up, squat, lunges, wall-sit dan plank.

Selain itu, mengikuti kelas yang melibatkan latihan kekuatan serta aktivitas lain yang membangun dan menjaga otot seperti berkebun berat.
(dra)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More