6 Rekomendasi Oleh-Oleh Legendaris Khas Pantura, Cocok Dibeli saat Mudik

Kamis, 28 April 2022 - 05:37 WIB
Selain rasa buah campolay, saat ini Sirup Tjampolay memiliki 9 varian rasa lain seperti rasa asam jeruk, rasa rossen, nanas, pisang susu, melon, leci, mangga gedog, kopi moka, dan jeruk nipis.

Sirup kental nan manis ini bisa dijadikan buah tangan bagi sanak saudara di kampung halaman. Dilansir dari berbagai sumber, sebotol Sirup Tjampolay bisa dibeli dengan harga sekitar Rp30.000 di berbagai sentra oleh-oleh di Cirebon.

3. Buah Mangga Gedong Gincu

Buah mangga gedong gincu menjadi ikon tersendiri dari Indramayu. Buah mangga ini bentuknya bulat, lebih bulat dari mangga biasa, dan warnanya jingga kemerahan seperti diberi gincu.

Soal rasa, mangga gedong gincu memiliki rasa manis-asam jika sudah matang. Berbeda dengan varian mangga lain yang memiliki rasa dominan manis. Daging buahnya pun tebal dan kaya serat serta aromanya khas.

Buah mangga gedong gincu ini bisa menjadi oleh-oleh favorit yang pemudik dapatkan bila melintas di Indramayu. Menurut berbagai sumber, satu kilogram mangga gedong gincu ini harganya berkisar Rp30.000 per kg.

4. Keripik Tike

Masih di Indramayu, pemudik bisa membawa pulang keripik tike. Camilan ini berbahan baku tanaman umbi-umbian atau biji rumput teki yang bisa ditemui pada musim tertentu, diolah secara tradisional dan memiliki rasa yang gurih sekaligus bikin ketagihan para pengunjung ketika datang ke Kota Mangga Indramayu.

Keripik tike berasal dari Desa Jumbleng, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu. Olahan makanan ringan ini tetap eksis walau proses pembuatannya masih tradisional oleh masyarakat setempat. Keripik tike memiliki warna tekstur putih dan ada bintik kehitaman serta mempunyai rasa yang gurih dan asin.

Camilan ini bisa didapatkan pemudik di toko-toko suvenir di Indramayu dengan harga sekitar Rp30.000 per 100 gram.

5. Keripik Nanas

Kabupaten Subang dikenal sebagai penghasil buah nanas terbaik di Indonesia. Nah, di sana nanas diolah oleh warga menjadi keripik nanas yang kini menjadi incaran wisatawan yang singgah ke Subang.

Keripik nanas terbuat dari nanas madu yang diiris tipis dan digoreng hingga garing, sehingga menghasilkan rasa yang unik dibandingkan dengan keripik lainnya.

6. Oncom Dawuan

Selain nanas, oncom khas Subang juga punya rasa yang khas. Ini dikarenakan dalam proses pembuatannya dicampurkan dengan kacang tanah. Bagi Anda yang suka oncom, sepertinya wajib membeli untuk diracik di rumah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More