Ini Penyebab Perubahan Besar Fase 4 Marvel Cinematic Universe

Sabtu, 20 Juni 2020 - 19:30 WIB
Fase 4 Marvel Cinematic Universe mengalami perubahan besar jauh sebelum pandemi Covid-19 terjadi. Salah satu faktornya adalah Guardians of the Galaxy Vol 3. (Movie Web)
Pandemi Covid-19 memang mempengaruhi perilisan film dan serial Fase 4 Marvel Cinematic Universe (MCU). Namun, jauh sebelum pandemic ini terjadi, Fase 4 sebenarnya sudah mengalami perubahan secara menyeluruh. Ini terjadi akibat penundaan Guardians of the Galaxy Vol 3 .

Marvel Studios memang dikenal memiliki reputasi memainkan permainan jangka lama. Namun, sebenarnya, rencana mereka ternyata jauh lebih fleksibel dari yang disadari banyak orang. Slate Fase 3 MCU berubah banyak sejak diumumkan pada 2014 dan perilisan Avengers: Endgame serta Spider-Man: Far From Home tahun lalu. Dalam kasus ini, hal tersebut didorong kesepakatan Marvel dan Sony untuk memasukkan Spider-Man ke MCU.

Dikutip dari Screen Rant, Fase 4 sebenarnya juga terdampak oleh sejumlah perubahan yang tidak diperkirakan. Meskipun di sini, perubahan itu lebih rumit. Salah satunya, dan masih paling signifikan, adalah pemecatan James Gunn pada Juli 2018 setelah situs konservatif menggali lelucon garing yang dia bagikan di media sosial jauh sebelum dia bekerja untuk Marvel dan Disney. Arsistek Guardians of the Galaxy itu bekerja keras mempersiapkan Vol 3 ketika pemecatan itu terjadi. Pemecatan itu membuat Marvel dalam posisi sulit, setidaknya karena cast memberikan dukungan untuk James dan salah satu bintangnya mengancam hengkang jika Marvel tidak menggunakan skrip karya James. Marvel merespons hal itu dengan memasukkan Guardians of the Galaxy Vol 3 ke gudang. Keputusan ini cukup bijak. Masalah ini pun selesai ketika Disney kembali mempekerjakan James.

Namun, hal ini tetap memberikan dampak jangka panjang terhadap Fase 4 MCU. Guardians of the Galaxy Vol 3 awalnya dimaksudkan menjadi pembuka fase ini. Namun, yang terjadi, film ini malah mundur. Marvel belum memberikan tanggal rilis baru bagi Vol 3 terutama karena James kini punya komitmen lain yang harus dipenuhi sebelum kembali ke Marvel Studios. James saat ini sibuk menukangi The Suicide Squad untuk DC .

1. Guardians of the Galaxy Vol 3 seharusnya membangun Fase 4 MCU





Guardians of the Galaxy Vol 3 dimaksudkan menjadi landas pacu bagi seluruh rangkaian franchise kosmik baru. Seperti yang dijelaskan James, dia bekerja bersama presiden Marvel Studios Kevin Feige untuk membentuk masa depan MCU kosmik. “Ketika kami membahas Guardians of the Galaxy 3, dan cerita itu, itu adalah cerita yang akan memimpin ke cerita lain. Itu bawaan DNA bahwa ini adalah akhir sebuah trilogi, tapi merupakan awal dari seluruh elemen lain di semesta Marvel Cosmic,” papar James.

Tidak banyak yang diketahui dari apa rencana James. Namun, dia mengklaim itu akan membangun 10—20 tahun film Marvel ke depan. “Skrip itu sudah dikerjakan. Kevin dan saya membahasnya sepanjang waktu, kami baru bertemu tadi. Membahas apa karakter kosmik selanjutnya dan kemana karakter yang telah kami buat di film berikutnya,” kata James pada Agustus 2017.

Setelah pemecatan terjadi, Kevin berusaha mengesampingkan pentingnya sosok James. Namun, James sepertiya tidak mengada-ada. Guardians of the Galaxy Vol 3 jelas diposisikan sebagai awal Fase 4 karena film itu akan meluncurkan MCU ke keabadian dan masa depan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More