Cacar Monyet Semakin Dekat ke Indonesia, Dokter Fajri: Tidak Perlu Panik

Selasa, 07 Juni 2022 - 11:14 WIB
Kehadiran monkeypox atau cacar monyet semakin menyebar ke berbagai negara. Saat ini sudah terdeteksi di Singapura, yang asalnya dikatakan dari pelancong transit di Bandara Changi. Foto/Ilustrasi/ist
JAKARTA - Kehadiran monkeypox atau cacar monyet semakin menyebar ke berbagai negara. Saat ini sudah terdeteksi di Singapura, yang asalnya dikatakan dari pelancong transit di Bandara Changi.

Mengetahui informasi tersebut, dr. Muhammad Fajri Adda’I, dokter relawan Covid-19 dan edukator kesehatan mengatakan tidak perlu takut atau khawatir secara berlebihan. Menurutnya, masyarakat perlu memahami bagaimana pola penyebaran dari cacar monyet.

Juga memahami bagaimana cara mengatasi atau tindakan pencegahan cacar monyet. Dia menegaskan bahwa cacar monyet tidak mudah menular seperti Covid-19.

"Jadi nggak perlu panik, cukup diketahui saja bagaimana penularan dan pencegahannya," kata dr. Fajri kepada MNC Portal, Senin (6/6/2022).





"Jadi perlu dipahami nih soal cacar monyet sebenarnya tidak mudah menular, bila dibandingkan dengan Covid kalau satu ruangan. Bila melakukan sentuhan akan besar penularannya, tapi kalau tidak bersentuhan maka kecil risikonya," jelas dr. Fajri

Dia menambahkan jika menjaga kebersihan tangan, seperti mencuci tangan sesudah melakukan sentuhan dengan orang lain, bentuk salah satu pencegahan.

Sementara atas kasus pertama di Singapura, Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) menjelaskan tujuan dari pelancong tersebut ke Australia.

Kemudian, dinyatakan positif ketika tiba di Sydney pada 3 Juni kemarin. "Karena kasus tidak masuk ke Singapura atau berinteraksi dengan orang-orang di komunitas, saat ini tidak ada risiko penularan komunitas signifikan,” ucap Depkes dilansir Inews.id, Selasa (7/6/2022)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More