Ciri Khas dan Penyebab Tumor Testis seperti yang Dialami Sebastian Haller

Rabu, 20 Juli 2022 - 14:31 WIB
Tumor testis seperti yang diidap Sebastian Haller, striker baru Borussia Dortmund, merupakan penyakit kelamin pria yang menimbulkan kanker testis. Foto/Getty Images
JAKARTA - Tumor testis seperti yang diidap Sebastian Haller , striker baru Borussia Dortmund, merupakan penyakit kelamin pria yang menimbulkan kanker testis. Biasanya penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri pada salah satu testis dan disertai dengan timbulnya benjolan.

Dikutip dari Jurnal berjudul Studi Kasus Tumor Ganas Pada Testis: Komplikasi Kronis Kriptorkismus oleh Mochamad Aleq Sander dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang, tumor testis (seminoma) berasal dari sel germinal atau sel yang memproduksi sperma. Tumor ini memiliki tingkat keganasan yang tinggi namun bila diberi penanganan yang benar penyakit ini dapat disembuhkan.



Penyakit ini sebenarnya jarang ditemukan. Meskipun begitu, tumor testis kebanyakan menyerang pria berusia 20 sampai 36 tahun.

Gejala awal yang timbul dari penyakit ini adalah munculnya benjolan pada testis namun tidak terasa nyeri pada awalnya. Namun, ada juga gejala atau tanda lain yang akan muncul.



Ciri khas gejala yang ditimbulkan oleh tumor testis di antaranya sebagai berikut:

- Merasa nyeri di testis atau skrotum (kantung testis).

- Tertimbunnya cairan di skrotum.

- Sakit atau pegal di area perut, pinggang, atau selangkangan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More