Musim Hujan Datang Lebih Awal, Waspadai 3 Penyakit Ini

Kamis, 08 September 2022 - 15:05 WIB
Saat musim hujan tiba, kerap muncul berbagai penyakit yang bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Diantaranya flu dan DBD. Foto/Ilustrasi/ZME Science
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan masyarakat terkait musim hujan yang datang lebih awal. Seharusnya musim hujan terjadi pada November, namun September ini sudah mulai terjadi hampir setiap hari.

Saat musim hujan tiba, kerap muncul berbagai penyakit yang bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Berikut 3 penyakit yang umum dialami selama musim hujan, antara lain;

1. Flu

Sakit flu menjadi musim atau banyak dialami ketika masuk musim hujan.Flu disebabkan oleh sekelompok virus yang dikenal sebagai virus influenza.

Mereka biasanya menyebar dari orang ke orang melalui batuk dan bersin. Gejala flu bisa termasuk demam, kedinginan, nyeri tubuh, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan kelelahan yang ekstrem.





2. Demam Berdarah (DBD)

Penyakit kedua yang perlu diwaspadai yaitu Demam berdarah atau DBD. Penyakit infeksi yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes, tergolong rentan, muncul di musim pancaroba atau ekstrem saat ini.

Cuaca yang tak menentu panas/dingin menjadi tempat ideal bagi nyamuk Aedes untuk berkembang biak. Proses infeksi DBD terjadi, jika nyamuk menggigit seseorang dengan virus dengue dalam darahnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More