Syarat Masuk SD Umur 7 Tahun, Ternyata Ini Alasannya

Rabu, 16 November 2022 - 18:10 WIB
Persyaratan masuk SD harus berusia tujuh tahun.Foto/ilustrasi
JAKARTA - Salah satu syarat masuk sekolah dasar (SD) adalah berusia tujuh tahun. Persyaratan ini merupakan hasil penelitian dalam Journal of Education and Educational Development tahun 2016.

Hasil penelitian menyebutkan, syarat masuk SD anak harus berusia 7 tahun karena ketika anak berada pada rentang usia kurang dari 7 tahun maka sang anak akan kesulitan untuk menerima dan mengikuti pelajaran di sekolah.

Hal ini karena pada usia tersebut kemampuan anak di bidang akademik dan kemampuan sosial yang dimilikinya belum dapat berproses sempurna dan sangat terbatas.

Baca juga: Daftar 10 Perusahaan Bergengsi yang Diincar Para Fresh Graduate

Menurut laporan dari Guardians, usia anak yang memasuki SD dengan syarat usia yang cukup lebih memiliki kesempatan 20% untuk dapat melanjutkan pendidikan di universitas, jika dibandingkan dengan anak yang mulai bersekolah pada uia yang belum cukup.



Di Indonesia, berdasarkan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, syarat masuk SD adalah anak minimal berusia 7 tahun.

Namun, bagi anak yang berusia 5 tahun 6 bulan ketika tanggal 1 Juni setiap tahun berjalan maka diperkenankan mendaftar apabila sang anak memiliki kecerdasan atau bakat serta psikis yang siap disertai surat dari psikolog profesional.

Lalu apa saja sih, alasan mengapa syarat masuk SD anak harus berusia 7 tahun? Berikut ulasannya.

1. Pola pikir dan perilaku anak yang lebih siap
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More