Kutai Kartanegara Kucurkan Pinjaman Khusus untuk Perempuan

Jum'at, 27 Februari 2015 - 11:27 WIB
Kutai Kartanegara Kucurkan Pinjaman Khusus untuk Perempuan
Kutai Kartanegara Kucurkan Pinjaman Khusus untuk Perempuan
A A A
KUTAI KARTANEGARA - Sejak 2012 hingga 2014, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah berhasil menyalurkan Dana Pinjaman Bergulir bagi masyarakat Kutai Kartanegara khususnya perempuan sebesar Rp60 milIar. Dana tersebut diberikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari menjelaskan, pinjaman bergulir ini disalurkan dalam bentuk dana hibah.

Sudah ada 600 KUB yang menerima manfaat program ini dengan jumlah 8 ribu perempuan se-Kutai Kartanegara.

“Saya tidak ingin perempuan Kutai Kartanegara menjadi terbelakang, miskin dan teraniaya. Perempuan di kabupaten ini harus bermartabat, produktif dan lebih sejahtera. Mereka juga bisa berkarya untuk menghasilkan produk kerajinan yang bernilai ekonomi tinggi,” kata bupati wanita ini, Jumat (27/2/2015).

Rita menjelaskan, kelompok usaha perempuan ini tidak serta merta dengan mudah mendapatkan pinjaman bergulir ini.

Mereka akan diverifikasi dulu oleh tim khusus yang ditunjuk. Besaran pinjaman modal mulai Rp10 juta-Rp100 juta, ditentukan tergantung jenis usaha yang dijalankan.

“Pinjaman ini dibayarkan tanpa bunga. Satu kelompok saling mengawasi anggotanya dalam hal pengembalian pinjaman. Karena satu orang anggota tidak mengembalikan pinjaman maka akan berimbas pada kelompoknya,” katanya

Dia pun berharap kaum perempuan di Kutai Kartanegara bisa mandiri, tidak termarjinalkan, sehingga mampu menyejahterakan keluarga mereka.

Perempuan, kata Rita, sebenarnya bisa berkarya. Hanya saja terkendala modal. Di sinilah dana pinjaman bergulir ini dikucurkan.

Rita menambahkan, tahun ini pihaknya kembali mengalokasikan anggaran bagi kelompok usaha perempuan.

Pada triwulan pertama tahun 2015, 107 kelompok sudah mengajukan bantuan modal pinjaman dengan total Rp10,6 miliar. Triwulaan berikutnya sudah ada pengajuan dari 80 kelompok lainnya sudah menanti.

Rita Widyasari memang memfokuskan pembangunan di sektor UKM. Apalagi, ada UKM yang dikelola perempuan juga mendapat perhatian khusus.

Pada 2013 lalu, Bupati Kukar dianugerahi penghargaan Innovative Government Award oleh Kemendagri atas program pemberdayaan perempuannya ini.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3441 seconds (0.1#10.140)