5 Olahraga Baik untuk Kesehatan Mental, Nomor 3 Paling Simpel

Kamis, 22 Desember 2022 - 20:15 WIB
Olahraga merupakan aktivitas yang baik untuk menunjang kesehatan fisik dan mental. Foto/Ilustrasi/Ist
JAKARTA - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang menunjang kondisi fisik dan mental menjadi sehat. Dari sisi fisik, umumnya masyarakat tahu bahwa semua olahraga bisa menyehatkan tubuh, tapi bagaimana dengan mental?

Dr. Heisz, seorang profesor di departemen kinesiologi di Universitas McMaster dalam laman wellandgood menyatakan stres dapat merusak tubuh dan pikiran. Maka dari itu diperlukan latihan atau olahraga untuk mencegahnya.

"Penelitian dari lab NeuroFit saya menunjukkan bahwa stres kronis dapat menyebabkan masalah kesehatan mental pada orang yang belum pernah didiagnosis sebelumnya," kata Dr. Heisz.

Lantas olahraga apa saja yang dapat menyehatkan mental? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.





1. Yoga

Salah olahraga yang memang banyak disukai banyak orang, khususnya wanita. Yoga dinilai salah satu olahraga berdasarkan penelitian demi penelitian memiliki efek reduksi yang kuat pada kortisol (hormon stres, jika muncul secara kronis, dapat menyebabkan kecemasan dan serangan panik dan bahkan memicu depresi).

Sehingga dampak yang ditimbulkan pada seseorang yang melakukan yoga, bisa meredakan stres ataupun kecemasan. Bahkan Yoga dipakai untuk beberapa kondisi medis, seperti rehabilitasi, perawatan kanker, dan post-traumatic stress disorder (PTSD).

2. Pilates
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More