Kolesterol Naik Usai Makan Seafood di Malam Tahun Baru? Turunkan Pakai 4 Cara Alami Ini

Minggu, 01 Januari 2023 - 15:01 WIB
Dalam merayakan Tahun Baru, biasa diwarnai dengan bakar-bakaran makanan laut (seafood) bersama kerabat atau keluarga yang bisa memicu kadar kolesterol naik seketika. Foto/Ilustrasi/Ist
JAKARTA - Momen pergantian tahun baru dari 2022 ke 2023, sudah dilewatkan oleh banyak orang. Dalam merayakannya, biasa diwarnai dengan bakar-bakaran makanan laut (seafood) bersama kerabat atau keluarga yang bisa memicu kadar kolesterol naik seketika.

Obat alami bisa menjadi pilihan bagi mereka penderita kolesterol. Secara umum kolesterol terjadi, akibat pola hidup yang tidak sehat ataupun makan sembarangan.

Lantas cara alami apa saja yang bisa menurunkan kolesterol?, Berikut ulasannya dirangkum dari MedlinePlus.

1. Daun Sirih

Daun yang dikenal bisa dikonsumsi sebagai jamu atau ramuan herbal, bisa mengobati kolesterol secara alami. Jadi bisa menggunakan daun sirih, dengan merebusnya dalam air sampai mendidih, dengan jumlah daun sirih yang direbus minimal 3-4 lembar.



"Efek penurun lipid dari daun sirih ada eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati, dan mengurangi penyerapan lipid di usus," jelas keterangan dalam website MedlinePlus.



2. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai ramuan herbal khas Indonesia ternyata bisa menurunkan kolesterol. Konsumsi kunyit putih dapat menurunkan, kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More