Arti Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuai Le, Penuh Makna dan Melegenda

Jum'at, 20 Januari 2023 - 20:39 WIB
loading...
Arti Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuai Le, Penuh Makna dan Melegenda
Gong xi fa cai xin nian kuai le merupakan kalimat yang lazim diucapkan dalam saat tahun baru China atau Imlek. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Gong xi fa cai xin nian kuai le merupakan kalimat yang lazim diucapkan dalam saat tahun baru China atau Imlek. Kalimat yang selalu diucapkan untuk menyambut tahun baru, sudah pasti memiliki arti yang baik.

Dikutip dari laman seputar imlek, Gong Xi Fa Cai atau Kiong Hi Fat Chai, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti "Selamat dan Sejahtera !".

Sedangkan Arti dari Xin Nian Kuai Le adalah selamat tahun baru Imlek. Xin Nian Kuai Le dulunya diucapkan bersamaan dengan Kiong Hie. Namun saat ini pengucapannya telah bergeser ke Gong Xi Fa Cai yang lebih populer.

Baca juga : Link Twibbon Imlek 2023 Terbaik dan Cara Memasangnya, Gong Xi Fa Cai!

Ucapan selamat hari Imlek ini berawal dari beberapa abad yang lalu. Penggunaan dua kalimat tersebut berdasarkan legenda, maka ucapan ini digunakan untuk memberi selamat ketika penduduk China dapat mengatasi binatang buas Nian yang kerap memangsa mereka.

Dalam mengucapkan selamat hari Imlek ini diikuti dengan gestur tangan khusus yakni melipat tangan kanan di atas dan jari tangan kiri disembunyikan di dalamnya. Gestur ini berlaku untuk perempuan dan laki-laki.

Pada tahun 2023 ini perayaan Imlek akan jatuh pada hari minggu tanggal 22 Januari, sehingga pada orang Tionghoa akan mempersiapkan segala sesuatunya termasuk ucapan hari imlek.

Baca juga : Gong Xi Fa Cai Jadi Trending Topic, Doa Kebaikan Imlek Ramai Digaungkan Netizen di Twitter

Berikut ucapan selamat tahun baru Imlek 2023.

- Xin Nian Hao, Shen Ti Jian Kang! Selamat tahun baru Imlek 2023, semoga anda dan keluarga selalu diberikan kesehatan sepanjang tahun!
- Xin Nian Kuai Le, Sheng Yi Xing Rong! Selamat tahun baru Imlek 2023, semoga segala usaha bertambah jaya sepanjang tahun!
- Xin Nian Hao, Wan Shi Ru Yi! Selamat tahun baru Imlek 2023, semoga semua keinginan dapat terpenuhi sepanjang tahun!
- Xin Nian Kuai Le, Zhufu Nin Xinnian Kuaile! Selamat tahun baru Imlek 2023, selamat menyambut musim baru dan harapan terbaik untuk tahun ini!
- Xin Nian Hao, Bu Bu Gao Sheng! Selamat tahun baru Imlek 2023, semoga maju terus atau dapat promosi pekerjaan, hubungan atau usaha meningkat sepanjang tahun!
- Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuai Le! Selamat tahun baru Imlek 2023, semoga selalu mendapatkan kebaikan dan kesejahteraan dalam segala hal sepanjang tahun!
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)