10 Hal yang Pantang Dilakukan saat Imlek 2023, Apa Saja?

Minggu, 22 Januari 2023 - 00:43 WIB
loading...
10 Hal yang Pantang Dilakukan saat Imlek 2023, Apa Saja?
Ada beberapa hal yang pantang dilakukan saat Imlek 2023, dan apabila dilanggar diyakini akan memberikan dampak yang tidak baik. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada beberapa hal yang pantang dilakukan saat Imlek 2023. Seperti diketahui masyarakat etnis Tionghoa tengah bersuka cita menyambut perayaan Imlek atau Tahun Baru China .

Segala persiapan mulai dilakukan, seperti menyiapkan makanan khas Imlek , mendekorasi rumah dengan pernak-pernik berdominasi merah, memilih busana yang cocok, dan lain sebagainya.

Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa pantangan yang tak boleh dilakukan saat perayaan Imlek tiba. Bahkan, beberapa di antaranya tak boleh dilakukan hingga 2 minggu setelahnya atau akhir dari perayaan yang dikenal dengan sebutan Cap Go Meh.

Baca juga: Mengapa Perayaan Imlek Identik dengan Warna Merah? Begini Cerita Dibaliknya

Apabila pantangan dilakukan, banyak hal buruk yang mungkin terjadi di masa mendatang. Orang Tionghoa percaya bahwa di awal tahun baru, apa yang dilakukan akan memengaruhi keberuntungan hingga setahun mendatang.

Berikut 10 pantangan yang tak boleh dilakukan saat perayaan Imlek, seperti dirangkum dari laman Travel China Guide.

1. Tidak Boleh Minum Obat

Saat tahun baru Imlek, pantang bagi seseorang untuk menyeduh jamu atau minum obat pada hari pertama tahun baru. Jika melakukannya, bukannya sembuh, seseorang itu justru diyakini akan sakit selama setahun penuh.

Di beberapa tempat, saat malam pergantian tahun, orang yang sakit memecahkan gallipot (pot obat) mereka dengan keyakinan bahwa kebiasaan ini akan mengusir penyakit di tahun mendatang.

2. Dilarang Membunuh Apapun
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2660 seconds (0.1#10.140)