Sampaikan Pesan Budaya, Wali Hadirkan Single Kumaha Aing yang Kental Nuansa Sunda

Sabtu, 28 Januari 2023 - 14:41 WIB
loading...
Sampaikan Pesan Budaya, Wali Hadirkan Single Kumaha Aing yang Kental Nuansa Sunda
Terdapat alasan tersendiri kenapa Wali memilih merilis lagu berbahasa Sunda di tengah membanjirnya lagu pop Jawa. / Foto: Thomas Manggalla
A A A
JAKARTA - Grup band Wali tak pernah berhenti berkarya. Band asal Ciputat, Tangerang itu merilis single terbarunya berjudul Kumaha Aing pada awal 2023 ini.

Judul Kumaha Aing ini diambil dari bahasa Sunda yang artinya terserah saya. Bukan hanya judul dan liriknya, lagu baru Wali ini juga kental dengan nuansa Sunda, seperti suling dan kendang jaipongan.

Gitaris Wali, Aan Kurnia alias Apoy membeberkan bahwa ada alasan tersendiri kenapa Wali memilih merilis lagu berbahasa Sunda di tengah membanjirnya lagu pop Jawa.

Baca juga: Pharrell Williams Ingin Gandeng BLACKPINK di Albumnya yang Akan Datang

"Buat kami, lagu ini lebih pada refleksi, kenapa enggak kita coba hidupkan kearifan lokal. Di antara kami juga ada yang berasal dari Sunda, kenapa enggak coba dengan lagu berbahasa Sunda," ungkap Apoy, sang pencipta lagu Kumaha Aing, saat di Kantor Nagaswara, Jakarta, Jumat, 27 Januari 2023.

Wali memiliki semangat yang luar biasa dalam menyajikan lagu ini kepada para pendengar. Ya, Wali ingin turut meramaikan khazanah bahasa daerah yang menjadi dasar bahasa Indonesia.

"Yang Jawa sudah banyak, sekarang giliran Wali yang Sunda. Nanti Sumatera Barat, Kalimantan, Sulawesi, dan akhirnya ini mengkerucut kepada kecintaan kita kepada nusantara, Indonesia, NKRI jadi dihadirkan," jelas Apoy.

"Selain ada pesan budaya, ada juga pesan moril. Itu ada 2 poin yang kita mau sampaikan kepada para penggemar Wali dan masyarakat," sambungnya.

Sementara itu, penggarapan video musik Kumaha Aing, Wali melibatkan dua sutradara yakni Norman Kusuma dan Adieusna. Pengambilan gambarnya dilakukan di Rumah Seni dan Budaya Lengkong, Serpong, Tangerang Selatan.

Baca juga: Gigi Akan Nyanyikan 20 Lagu Selama 2 Jam Konser Free Your Soul Live in Jakarta

Sementara itu, selain Kumaha AIng, band yang beranggotakan Apoy (gitar), Fa'ank (vokal), Ovie (keyboard) dan Tomi (drum) ini juga sudah mempersiapkan sebuah single religi.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)