5 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Bisa Obati Insomnia hingga Kanker

Sabtu, 28 Januari 2023 - 21:05 WIB
loading...
5 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Bisa Obati Insomnia hingga Kanker
Ada banyak manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Daun sirsak diklaim 10 ribu kali lebih kuat dan lebih efektif daripada kemoterapi juga kaya akan nutrisi. Foto/Revive Radio
A A A
JAKARTA - Ada banyak manfaat daun sirsak untuk kesehatan . Daun sirsak diklaim 10 ribu kali lebih kuat dan lebih efektif daripada kemoterapi. Daun ini juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pengobatan tradisional menggunakan daun sirsak untuk mengobati beberapa penyakit sering dilakukan. Tumbuhan ini biasanya digunakan untuk mengobati peradangan, rematik, hipertensi, diabetes hingga infeksi parasit.

Selain itu, daun sirsak bekerja untuk mengobati hipoglikemia dan memiliki sifat antispasmodic. Beberapa penelitian juga menemukan tanaman ajaib ini mempunyai sifat antiinflamasi, antipiretik, antimikroba, antidiabetes, kardioprotektif dan antiparasit.

Berikut manfaat daun sirsak untuk kesehatan dilansir dari Style Craze, Sabtu (28/1/2023).



1. Pengobatan Kanker


Studi menunjukkan efek antiproliferatif dan sitotoksik dari ekstrak daun sirsak terhadap kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit. Bahan bio aktif annonaceous acetogenins (AGEs) dalam daun ini memiliki sifat antikanker.

Mereka membunuh sel kanker dengan menghambat kompleks mitokondria I, protein sel kanker. Namun, penelitian yang lebih lanjut diperlukan untuk memastikan keamanan dan efektivitas sirsak dan daunnya.

2. Mengontrol Peradangan

Studi telah mengidentifikasi lebih dari 117 senyawa dalam daun sirsak yang memiliki sifat antiinflamasi. Ekstrak daun sirsak menunjukkan sifat antiinflamasi, antioksidan, dan penyembuhan luka pada tikus.

Rebusan daun dioleskan untuk efek antirematik dan neuralgiknya. Ini juga mengurangi atau menyembuhkan abses dan luka. Ekstrak daun sirsak juga dapat meredakan kondisi peradangan akibat sistitis, rematik, nyeri rematik, demam, diare, malaria, parasit, dan ruam kulit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)