Gejala Kusta yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Luka Tak Kunjung Sembuh

Selasa, 31 Januari 2023 - 12:20 WIB
loading...
Gejala Kusta yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Luka Tak Kunjung Sembuh
Gejala kusta harus diwaspadai. Salah satunya adalah luka tak kunjung sembuh yang bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga usia dewasa. Foto/Health Line
A A A
JAKARTA - Gejala kusta harus diwaspadai. Salah satunya adalah luka tak kunjung sembuh yang bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga usia dewasa.

Luka yang menjadi gejala kusta biasanya disertai degan rasa tebal atau baal. Jika dibiarkan, penyakit ini tak hanya menyerang kulit tapi juga sarah sehingga penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

"Kemudian dengan pengobatan biasa dia tidak hilang dan ada rasa baal itu hati-hati. Kita harus pikirkan apakah ada kemungkinan kusta seperti itu," kata dr Dina Sari Dewi, Sp KK dari RSUP Persahabatan dalam acara Tangani dan Akhiri Kusta di Radio Kesehatan, Selasa (31/1/2023)

Dilansir dari Verywell, gejala dari kusta bisa bervariasi dan tergantung lokasi kulitnya. Secara umum gejala penyakit ini seperti pertumbuhan kecil di kulit, kulit tebal atau kaku.



Selain itu, luka yang tidak nyeri pada telapak kaki, pembengkakan atau benjolan di wajah dan telinga dan rambut alis atau bulu mata rontok juga termasuk ke dalam gejala kusta.

Parahnya, kusta bisa menyebabkan kelumpuhan pada tangan atau kaki, kemungkinan amputasi, keriting permanen atau kehilangan total jari kaki atau jari tangan, kehilangan penglihatan jika saraf di sekitar mata terinfeksi dan mimisan.

"Jika tidak diobati, kusta dapat menyebabkan kerusakan saraf. Ini biasanya dimulai sebagai rasa mati rasa di tempat-tempat di mana saraf terlibat," jelas laporan dalam Verywell.

Para ahli mengatakan kusta tidak terlalu menular. Namun, kusta bisa menyebar melalui udara atau droplet ketika seseorang dengan kasus yang tidak diobati batuk atau bersin hingga melakukan kontak dekat.



Ini menjadi alasan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan siapa pun yang telah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi kusta juga harus dirawat.

Para peneliti menemukan sekitar sepertiga dari kasus kusta yang muncul setiap tahun di Amerika Serikat hampir pasti diakibatkan oleh kontak dengan armadillo yang terinfeksi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2084 seconds (0.1#10.140)