Ini 5 Buah Penambah Darah yang Perlu Dikonsumsi Penderita Anemia

Rabu, 01 Februari 2023 - 17:57 WIB
loading...
Ini 5 Buah Penambah Darah yang Perlu Dikonsumsi Penderita Anemia
Dalam beberapa kasus, anemia dapat diobati melalui perubahan pola makan, hanya jika didiagnosis lebih awal. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Seseorang yang kekurangan sel darah merah yang sehat berpotensi besar mengalami anemia . Penyebab anemia pun ada berbagai macam, seperti kekurangan zat besi, asam folat, hingga kehilangan banyak darah.

Dalam beberapa kasus, anemia dapat diobati melalui perubahan pola makan, hanya jika didiagnosis lebih awal. "Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi, bahan bakar besi dalam tubuh, seperti asam askorbat bertindak sebagai pembawa," ujar ahli gizi asal Bangalore, dr. Anju Sood, seperti dikutip dari laman NDTV, Rabu (1/2/2023).

"Menambahkan asam askorbat atau buah kaya vitamin C membantu mengatur asupan zat besi dan pada akhirnya meningkatkan hemoglobin ," lanjutnya.

Baca juga: Cegah Stunting sejak Dini, Ahli Gizi Imbau Remaja Jaga Asupan Zat Gizi

Salah satu makanan sehat yang memiliki kandungan-kandungan tersebut adalah buah-buahan. Dan berikut sejumlah buah-buahan yang dpaat membantu menambah darah.

1. Delima

Salah satu buah terbaik untuk meningkatkan jumlah darah yakni delima. Delima merupakan sumber yang kaya zat besi, vitamin A, C dan E.

Sementara asam askorbat di buah ini meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh yang akan mengatur jumlah darah. Hemoglobin pun bisa meningkat saat menambahkan buah delima dalam diet harian, karena satu gelas jus delima buatan sendiri setiap hari lebih baik daripada jus olahan lainnya.

2. Pisang

Salah satu buah yang dikenal harga terjangkau ini ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Pisang menjadi buah yang dikenal mempunyai kandungan karbohidrat, kalium, dan magnesium yang sangat tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)